Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Harga jeruk manis di petani 10.000 per kg

Foto ilustrasi, buah jeruk. – Pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Harga jeruk manis dari petani mencapai 10 ribu per kilogram. kenaikan ini setidaknya menjawab keluhan petani komoditi andalan Nabire tersebut.  “Ini harga naik dari Rp3.000  per kilo, ” ujar Haikal,  salah satu petani jeruk di Nabire. Selasa (22/10/2019).

Menurut Haikal, naiknya harga jeruk itu berlangsung sejak  dua bulan terakhir, ketika hasil panen jeruk berkurang. Padahal sebelumnya harga satu kilogfam hanya mencapai Rp3.000. “Dulu harga jatuh. Kami sering mengeluh dan akhirnya pada momentum ini semua sepakat untuk naikan harga,” terang petani jeruk di Kampung Samabusa Distrik Teluk Kimi Nabire ini.

Dijelaskan, produksi jeruk menurun akibat tanamannya sudah tua dan kurang perawatan. Termasuk faktor cuaca. “Cuaca juga ada pengaruh,  perawatan.  jadi jeruk ini harus rajin rawat,” jelasnya.

Terpisah,  seorang pedagang jeruk di Bandara Nabire,  Sumarni mengakui jika membeli jeruk dari petani seharga Rp. 10 ribu rupiah Untuk membeli jeruk dalam jumlah partai yakni per peti mencapai Rp 400 ribu. Satu peti terdiri dari yang 40 kilogram. “Jadi kami ambil untung Rp5 ribu perkilogram dari  petani,”ujarnnya.(*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top