Harga petani masih mahal, penjual cabai beli di pedagang musiman

Harga petani masih mahal, penjual cabai beli di pedagang musiman

Pedagang musiman di pasar Pharaa Sentani – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Beberapa waktu terakhir, harga rica (cabai) di pasar Pharaa Sentani, mulai turun meski masih kategori mahal. Pedagang lebih memilih membeli cabai di pedagang musiman yang berjualan ke pasar tersebut daripada harus membeli langsung ke petani cabai.

“Kalau rica yang dari petani masih mahal. Satu kilo bisa Rp 70-75ribu. Kita belum bisa beli langsung dari petani. Kita beli dari pedagang tiba berangkat saja, per kilogram harga Rp 40-45 ribu,mereka biasa jual tumpukan kecil-kecil,” kata Ibu Juria,pedagang bumbu dapur dan sayur mayur di pasar Pharaa, Kamis (28/2/2019).

Dorang jual masih mahal, ada yang bawa tapi saya tidak ambil, jual mahal tapi kalo harga tiba- tiba turun sayay ang rugi lagi nanti,” imbuhnya.

Perempuan asal Buton ini mengatakan untuk memenuhi meja jualannya ia membeli cabai dari penjual tiba berangkat (pedagang musiman).

“Kalau rica yang ada ini saya beli sama mama-mama yang jual tumpuk dengan harga Rp 10ribu, jadi saya jual per kilo Rp 40ribu,” katanya.

Yuliana Balli, pedagang musiman asal Genyem, mengatakan cabai yang ia bawa dari hasil kebun sendiri.

Cabai yang ia bawa tidak ditawarkan langsung ke pedagang namun ia memilih menjual eceran.

“Saya jual tumpuk saja, untuk satu tumpuk itu Rp 10ribu, tadi saya atur ada beberapa tumpuk tapi sudah habis dibeli, ” kata Yuliana. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)