Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Harga rokok di Jayapura mulai naik, pecandu tetap beli

Foto ilustrasi. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menaikkan cukai hasil tembakau dan harga eceran seharusnya baru berlaku pada 2020. Akan tetapi, harga rokok di Jayapura, Papua, sudah merangkak naik. Seperti biasanya, para pecandu tetap membeli rokok.

Pedagang grosir Toko Ma’rifat di Koya Barat, Kota Jayapura, Heri menegaskan harga kulakan rokok di Jayapura sudah naik sebelum adanya kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau dan harga eceran. “Rokok produksi Sampoerna tidak serentak naik. Rokok bermerek Gudang Garam, khususnya Surya, naik semua. Kenaikan berkisar Rp4.000 – Rp5.000 per slop,” kata Heri kepada Jubi, Sabtu (1/11/2019).

Heri sudah diberitahu produsen rokok bahwa harga kulakan rokok akan naik lagi pada Desember dan Januari mendatang, mengikuti kenaikan tarif cukai hasil tembakau 22 persen serta kenaikan harga eceran sebesar 35 persen. “Naik, tapi secara bertahap, tidak langsung,” katanya.

Konsumen punya beragam reaksi terhadap kenaikan harga rokok itu. Indra, warga Entrop, Kota Jayapura, mengaku tetap akan membeli rokok kegemarannya, meskipun harga rokok merek itu akan terus naik. “Saya akan tetap merokok merek yang sama, sebab saya nggak bisa berpindah ke lain hati. Meski mahal, tetap beli, ya itu pilihan saya,” katanya.

Loading...
;

Sugiyanto, warga Klofkamp, Kota Jayapura, justru akan bersiasat dengan kenaikan harga rokok kegemarannya. Ia berencana berganti merek rokok, membeli merek rokok yang lebih murah. “Saya memilih rokok yang sedikit miring harga, dan isinya lebih banyak. Karena kebutuhannya harus dihitung bukan hanya untuk rokok saja,” kata penjual cilok keliling ini.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua, Bambang Wahyu Ponco Aji menegaskan kenaikan harga rokok belum berdampak signifikan terhadap inflasi Kota Jayapura dan Merauke pada Oktober. “Kemungkinanya akan terlihat pada bulan depan,” katanya.  (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top