Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Harga sirih di Terminal Oyehe turun

Sirih yang dijual di Terminal Oyehe – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Harga sirih di Terminal Oheye turun. Dijual Rp60 ribu perkilogram. Sebelumnya, pada Desember 2018- Januari 2019, harganya mencapai Rp100 ribu perkilo gram.

Seorang pedagang sirih di Terminal Oyehe, Wa Ida, mengatakan dia membeli mendapatkan sirih tersebut dari petani seharga Rp55.000 ribu, lalu menjualnya dengan harga Rp60 ribu rupiah.

“Saya jualnya ambil untung Rp5 ribu saja. Penjual di sini rata – rata begitu, tidak ambil untung banyak, asalkan lakunya cepat,” katanya kepada Jubi, Sabtu (01/03/2019).

Menurut dia, harga sirih di Nabire terkadang naik, kadang pula turun. Seperti desember silam, harga sirih mencapai Rp.100.000 ribu per kg. Bahkan kata dia, sirih bisaturun dengan harga hingga Rp10.000/kg

Penyebab turunnya harga sirih, biasanya karena ada pedagang yang mendatangkan sirih dari Jayapura. Jika banyak bisa jatuh harga. Namun ada pula musim di mana harga naik.

Loading...
;

Terpisah, seorang petani sirih, Agus menambahkan bahwa tidak selamanya panen sirih stabil atau banyak. Buahnya banyak jika dirawat dengan baik. Jika tidak bisa saja produksi menurun. Dan saat ini buah masih stabil, bahkan dijual seharga Rp. 55.000 kepada pedagang di pasar. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top