Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hari ini pemilihan Kepala Kampung Nafri

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Jayapura, Jubi – Pemilihan Kepala Kampung Nafri, Kota Jayapura akhirnya dilaksanakan Sabtu (20/10/2018). Panitia pemilihan kepala kampung, Andris Tjoe berharap pemilihan yang diikuti 8 kandidat calon kepala kampung itu dapat berjalan aman sejak awal hingga perhitungan suara pada sore nanti.

“Kami berharap pukul 15.00 proses pemilihan selesai dan perhitungan dapat dimulai. Sehingga pukul 18.00 seluruh proses telah selesai,” katanya.

Delapan kandidat yang bertarung adalah

  1. Ayub Semuel Sibri
  2. Zakarias Hanuebi, S.Th, M.Si
  3. Yafet Srem-srem
  4. Oktovianus Awinero
  5. Karmel Fingkreuw S.Sos
  6. Yohan Merahabia, SH
  7. Nadap Awi Fingkreuw
  8. Ferdinan Hanuebi, SE

Proses pemilihan sudah tertunda hampir sebulan lebih karena panitia pemilihan terkendala soal penerapan aturan lokal dalam proses kali ini. Panitia mensyaratkan agar calon kepala kampung harus mengantongi rekomendasi dari salah satu ondoafi dan kepala suku kampung tersebut. Namun tidak disetujui oleh para kandidat. Perundingan berlangsung alot, namun setelah difasilitasi oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK), akhirnya aturan lokal ditiadakan.

“Mari kita jaga kampung. Setiap warga harus berpatisipasi dalam pemilihan kali ini. Semoga menjadi hari kebangkitan kampung ini,” kata kepala BPMK Kota Jayapura, Jacobus Itaar dalam sambutan, Sabtu (20/10/2018).

Pelaksanaan berlangsung di halaman samping kantor Kampung Nafri. Direncanakan pemilihan berlangsung sejak pukul 10.45 hingga 15.00 WIT. Terdapat 3 kotak suara dan 1118 pemilih yang terdaftar dalam dalftar pemilih tetap (DPT) Kampung Nafri.

Loading...
;

Proses pemilihan diawali dengan penyampaian visi dan misi delapan kandidat. Umumnya visi misi kedelapan kandidat kepala kampung sama meski menggunakan akronim visi misi yang berbeda.

Dalam visi misi mereka terkandung masalah-masalah di Kampung Nafri yang dijanjikan akan dibenahi pada periode 2018-2024, misalnya: menjaga kebersihan dan keamanan kampung, memberikan beasiswa kepada para siswa dan pelajar. Perbaikan pipa air, drainase, memperbaiki rumah tokoh adat, agama, sekolah dan penerangan jalan serta pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat.

“Kami memilih tidak melihat visi misi kandidat, tapi track record kandidat. Kami sudah baku tahu (saling kenal). Jadi tinggal pilih saja,” kata Alex, seorang warga kampung Nafri.

Pemilihan berlangsung lancar, hingga puku 11.30 WIT, Penina seorang warga kampung mengajukan keberatannya ke meja panitia pemilihan kepala kampung.

“Masa sampai satu setengah jam pemilihan, belum ada orang asli Nafri yang memilih. Kamu bawa orang dari mana saja,” kata Penina protes.

Penina mengaku heran, karena status Nafri adalah kampung yang seharusnya penduduknya homogen, bukan kelurahan yang penduduknya heterogen. Sehingga warga Kampung Nafri seharusnya adalah warga asli Kampung Nafri dan keturunannya.

Namun ia segera diamankan oleh pihak keamanan dari TNI/Polri yang hadir melakukan pengaman pada acara tersebut.

Hingga saat ini, proses pemilihan masih berlangsung. Belum diketahui, siapa yang akan menjadi kepala Kampung Nafri periode 2018-2024 itu.(*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top