Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hingga pukul tujuh malam, empat mahasiswa masih jalani pemeriksaan

Salah satu mahasiswa saat menjalani pemeriksaan – Dok. Koalisi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepolisian Jayapura Kota masih memeriksa empat mahasiswa yang diamankan dari Gereja Katolik Gembala Baik Abepura karena keempatnya beribadah sambil membawa Empat Bendera Bintang Kejora pada Minggu, 1 Desember 2019 Pukul 10.30. Keempat orang mahasiswa itu adalah Marvin Yobe, Desepianus Dumupa, Paul Halapok dan Devion Tekege.

Desepianus Dumupa (26) salah satu dari empat mahasisiwa yang ditangkap mengatakan tujuan mereka beribadah sambil membawa Bendera Bintang Kejora adalah untuk meminta kebebasan kepada Tuhan.

“Tujuan kami beribadah sambil membawa bendera adalah untuk minta pertolongan dari Allah, meminta kebebasan untuk kami bangsa Papua,” ujar Dumupa.

Keempatnya diamankan di Polsek Abepura dan diperiksa oleh penyidik polsek Abepura.

Loading...
;

Sementara pemeriksaan berjalan, Kapolres Jayapura Kota AKBP. Gustaf Urbinas datang dan bertemu dengan Tim Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua yang mendampingi empat mahasiswa tersebut.

Baca Beribadah bawa Bintang Kejora, 4 mahasiswa diamankan dari gereja

Urbinas mengatakan setelah diperiksa, keempat mahasiswa tersebut akan dibawa ke Perumnas III Waena untuk memeriksa tempat tinggal mereka guna mencari barang bukti. Selanjutnya akan dibawa ke Mapolresta Jayapura untuk diperiksa lagi.

“Ketika ditanya tentang status empat mahasiswa itu, Kapolresta mengatakan mereka masih dimintai klarifikasi. Setelah itu baru akan dipertimbangkan untuk mengambil keputusan,” kata Koordinator Koalisi Tim Hukum dari Koalisi Penegakan Hukum dan HAM Papua, Emanuel Gobay.

Setelah diperiksa, lanjut Gobay keempat mahasiswa diantar ke Perumnas III namun polisi tidak menemukan barang bukti apapun. Kemudian keempatnya dibawa ke Mapolresta Jayapura. Setibanya di Mapolresta, keempat mahasiswa langsung difoto dan dimintai sidik jari dan diperiksa kembali.

“Sampai saat ini (pukul 19:17 WP) keempat mahasiswa masih dimintai keterangan di ruang reskrimum Polres Jayapura Kota.

Dikutip Kantor Berita Antara, Kapolda Papua, Irjenpol Paulus Waterpauw membenarkan adanya pemeriksaan terhadap keempat mahasiswa ini.

“Saya sudah perintahkan kepala Polres Jayapura Kota untuk mendalami kasus itu, untuk mengetahui apa rencana yang ingin mereka lakukan,” kata Waterpauw. (*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top