Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

HIV AIDS di Bali bertambah 100 sampai 120 tiap bulan

Kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua tembus 39 ribu orang

Yang kelihatan baru 22.034 sehingga ada 9.000 kasus yang masih ada di bawah permukaan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Denpasar, Jubi – Temuan kasus HIV AIDS di Bali bertambah 100 sampai 120 setiap bulan dengan doinasi kasus terjadi pada warga berusia 15  hingga 59 tahun. Dinas Kesehatan Provinsi Bali  mengingatkan kasus HIV AIDS seperti fenomena gunung es, yang tampak di permukaan hanya merupakan bagian kecil dari seluruh bagiannya.

“Perlu diingat dan disadari, dari estimasi jumlah kasus yang ada secara epidemiologi sekitar 31 ribu di Bali dan kasus ini seperti fenomena gunung es di mana ada yang muncul di permukaan yang kelihatan baru 22.034 sehingga ada 9.000 kasus yang masih ada di bawah permukaan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bali, Ketut Suarjaya, Senin, (2/12/2019).

Baca juga :  Penanganan HIV AIDS di Nabire tanggung jawab bersama

Loading...
;

HIV AIDS di Nabire sulit dikontrol

Jelang 1 Desember, GPS Gelar Roadshow dan Talkshow HIV AIDS

Ia menjelaskan, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menemukan 9 ribu kasus yang belum terdeteksi, antara lain dengan melakukan pemeriksaan pada orang-orang yang berisiko tertular AIDS.

Kalau seluruh kasus bisa ditemukan dan semua yang terinfeksi bisa menjalani pengobatan, maka kualitas hidup orang yang terinfeksi bisa ditingkatkan dan penularan HIV/AIDS bisa ditekan.

“Semakin cepat bisa dapatkan semakin cepat diobati dengan ARV, karena ARV tersedia di seluruh Bali dan Indonesia. Kalau rutin minum obat, kualitas hidupnya juga semakin baik,” kata Suarjaya menambahkan.

Mneurut dia, pemerintah menyediakan obat anti-retroviral (ARV) sesuai dengan jumlah kasus HIV/AIDS di Puskesmas terpilih, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan yang mengajukan diri menyediakan pelayanan itu.

Sedangkan secara kumulatif dari tahun 1987 sampai November 2019 ada 22.034 kasus HIV AIDS di Bali, 1.111 di antaranya berasal dari luar Bali. Tercatat kasus HIV AIDS di Bali paling banyak ditemukan di Kota Denpasar sebanyak 8.287,  disusul Kabupaten Badung 3.706 kasus, sisanya di Buleleng, Gianyar, Tabanan, Jembrana, Karangasem, Bangli, dan Klungkung.

Ia menyatakan pentingnya pemeriksaan HIV sukarela dalam pencegahan dan penanganan kasus dan menganjurkan pasangan yang berisiko terinfeksi HIV mengikutinya. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top