HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Humas Polda Papua: Tidak ada warga yang tewas tertembak di Deiyai

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepolisian Daerah Papua membantah informasi yang menyebutkan seorang warga Wagete, Kabupaten Deiyai, tewas tertembak polisi pada Selasa (21/5/2019). Bantahan itu disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangan pers yang disampaikan di Jayapura, Papua, Rabu (22/5/2019).

“Informasi (yang menyatakan) ada warga tertembak dan meninggal dunia itu tidak benar. Saya pastikan itu. Tadi saya sudah menelepon Kapolres,” kata Kamal.

Akan tetapi, Kamal membenarkan bahwa seorang warga berinisial MD (20) tertembak polisi di bagian kaki. Kamal menyatakan MD adalah satu dari empat orang pemuda yang mencegat dan memalak mobil di Wagete pada Selasa. Kamal menyatakan MD juga sempat merusak mobil polisi.

Loading...
;

Kamal mengumumkan kronologis versi polisi, yang menyatakan pada Selasa pukul 17.00 WP MD dan tiga temannya mencegat sebuah mobil yang melintasi Wagete. MD dan ketiga temannya itu lantas memalak sopir, sehingga sopir itu mengadu ke markas Kepolisian Sektor (Polsek) Tigi.

“Anggota polisi datang ke lokasi melerai pelaku. Pelaku MD sempat dibawa pulang oleh keluarganya, namun datang lagi membawa panah. Tiga anggota Polsek yang datang ke lokasi untuk membantu rekannya  dicegat. kemudian terjadi cekcok dan pelaku merusak mobil polisi,” kata Kamal.

Kamal menyatakan para polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan, namun MD tidak menggubrisnya. Polisi akhirnya menembak kaki MD. Setelah itu, para polisi itu kembali ke markas Polsek Tigi.

Sekitar pukul 18.30 WP, sekitar 50 warga Wagete mendatangi Polsek Tigi. Kamal menyatakan para warga itu membakar markas Polsek Tigi. “Markas polsek habis. Termasuk tiga mobil dinas dan satu mobil yang diparkir di depan Polsek dirusak, kata Kamal.

Kamal menyatakan, massa juga melecehkan tiga wanita yang berada di sekitar markas Polsek Tigi. Salah satunya anak 10 tahun, namun saya belum bisa memastikan pelecehan seperti apa. Ketika korban asusila itu telah ditangani medis dan rekan-rekan kami sedang mengamankan TKP. Situsasi terakhir cukup kondusif,” ujarnya.

Menurut Kamal, MD yang terkena tembakan di bagian kaki sedang dirawat di rumah sakit di Nabire. Ia dirujuk dari rumah sakit di Deiyai karena keterbatasan peralatan medis di rumah sakit itu.

Sebelumnya, Pastor Santon Tekege Pr pada Selasa menyatakan seorang warga Wagete, Kabupaten Deiyai, Papua, tewas ditembak polisi pada Selasa. Seorang warga lainnya juga tertembak dan luka di bagian kaki. Pastor Tekege menuturkan penembakan itu bermula dari empat pemuda yang mabuk mencegat mobil yang melintas di dekat SMP YPPK Wagete.

“Mereka mencegat satu mobil yang melintas, dan meminta sopir memberi uang Rp10.000 untuk membeli rokok. Sopir menyatakan tidak punya uang, sehingga dia beradu mulut dengan keempat pemuda itu. Sopir lalu turun dari mobil, dan mengejar mereka dengan mengacungkan parang,” kata Pastor Tekege.

Keempat pemuda itu melarikan diri, sehingga sopir kembali ke mobil. Akan tetapi, ketika mobil itu hendak pergi, keempat pemuda datang bersama sekelompok orang lainnya, dan menghancurkan kaca mobil itu.

Sopir mobil itu melarikan diri dan melapor ke Kepolisian Sektor (Polsek) Tigi. Menurut Pastor Tekege, polisi dari Polsek Tigi datang ke lokasi pemalangan, dan melepaskan tembakan. Seorang warga, Elianus Dogopiai, terkena tembakan di bagian paha, dan dilarikan ke Rumah Sakit Deiyai.

Penembakan itu membuat warga di Wagete marah, dan mendatangi markas Polsek Tigi. Warga yang marah akhirnya membakar markas Polsek Tigi pada Selasa petang. Polisi akhirnya mengejar massa, dan beberapa kali melepaskan tembakan. Pastor Tekege menyatakan salah satu tembakan pasca pembakaran Mapolsek Tigi itu mengenai kepala Julius Mote yang meninggal seketika, namun informasi itu dibantah oleh Kamal. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top