Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Hut ke 17, SMA Negeri 1 Plus KPG Nabire persatukan berbagai budaya

Saat pemotongan kue ulang tahun SMA Negeri 1 Plus KPG Nabire – Piyaiyepai for Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sekolah Menengah Atas [SMA] Negeri 1 Plus KPG Nabire telah menggelar hari ulang tahun [HUT] ke 17 di halaman sekolah tersebut, Senin, (28/10/2019).

Ketua panitia, Edowardus Yeuyanang mengatakan, menyongsong puncak peryaan ulang tahun pihaknya menggelar berbagai perlombaan dan pertandingan.

Pihaknya akan mengundang sesama SMA dan SMK tetangga, di antaranya perlombaan Yosim Pancar (yospan) dan vocal group (menyanyi).

Sedangkan perlombaan yang dikhususkan bagi pihaknya adalah cerdas cermat,puisi dan pidato. Sementara pertandingan berupa bola volli putra dan putri, dan tarik tambang.

Loading...
;

“Kegiatan-kegiatan ini itu kami gelar dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa. Menciptakan rasa kebersamaan antara siswa dan siswi dari sekolah ini dan sesama kawan lain di SMA serta SMK di Kabupaten Nabire sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan potensi yang dimiliki. Dalam artian memberikan sarana untuk melatih potensi dalam diri siswa dan siswi,” katanya kepada Jubi, Selasa, (29/10/2019).

HUT tersebut pihaknya mengusung tema ‘Saya Bangga Budaya Indonesia’ itu diwarnai dengan aneka tarian dari berbagai adat seperti suku Moni, Lanni, Mee, Ambon, Jawa, Timor, Flores, Toraja, Batak, Medan, serta Yosim pancar dari pesisir pantai Papua.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wadah para siswa yang memiliki bakat seni. Baik seni tradisional Papua maupun seni modern. Kalau di sekolah kan ada even olahraga, sementara berkesenian di sini wadahnya,” ujarnya.

Kegiatan itu dihadiri ratusan siswa dari SMA Negeri 1 dan juga ratusan mahasiswa yang kuliah pada KPG setempat.

Kepala SMA Negeri 1 Plus KPG Nabire,Fransiskus Donbosko Johanes mengatakan, pihaknya memfokuskan kepada kreativitas, anak-anak datang membawa impian dan kelak mereka bisa membawa masa depan yang lebih baik lagi.

“Momentum ini, anak didik menampilkan seni budaya tarian masing-masing daerah berbagai suku seluruh nusantara,” katanya.

Sebagai kegiatan rutin di setiap tahun lanjutnya, kali ini ulang tahun bertepatan dengan hari sumpah pemuda ke 91. Sehingga kata dia, kolaborasi antara sesama tarian adat justru memberikan motivasi kepada anak didiknya yang berjumlah 500 siswa SMA Negeri 1 dan 400 mahasiswa KPG tersebut.
“Lomba-lomba tersebut terfokus pada nilai sejarahnya. Ada kreativitasnya, dan juga ada lomba yang mendukung perkembangan jaman seperti tema kita agar anak-anak tidak boleh kehilangan identitas,” katanya.

Ia juga berharap semua dewan guru dan wali kelas mendukung semua program sekolah untuk memberikan pembekalan terhadap anak didik.

Sekretaris Dinas P dan P Nabire, Viktor Tebai menegaskan pihaknya merasa bangga walaupun semua sekolah tidak seperti yang dilakukan sekolah tersebut.

Pihaknya tetap mendukung semua perencanaan sekolah tersebut guna mewujudkan siswa dan siswi yang handal demi masa depan .

“Pentas budaya ini bisa mengenal dan mengembangkan budaya agar ke depannya bisa kembangkan sendiri,” ujarnya.

Ia bahkan mengapresiasi acara peringatan hari jadi ke-17, pihaknya menyampaikan bahwa kinerja guru di Nabire saat ini cukup baik. “Kami menyampaikan rasa bangga sekaligus haru, seraya mengingat bahwa 17 tahun yang lalu sudah mencetak sumber daya manusia yang luar biasa,” katanya.

“Saya sampaikan kepada siswa selalu teguhkan semangat meraih cita-cita, dengan belajar tekun, jaga kejujuran, menjadi manusia pembelajar dengan tidak ketinggalan menguasai teknologi dan informasi, dan apabila telah meraih yang di cita-citakan, tetap hormati guru dan menghargai orang lain,” katanya.

Selain berusaha tekun dan terus belajar, menurutnya tidak lupa sanjungkan doa, karena masa depan seseorang telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, dan telah menjadi kewajiban kita sebagai makhluknya untuk bisa merubah diri menjadi lebih baik. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top