Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

IAC latih media peduli ODHA

Pemaparan materi dari Indonesia Aids Coalition (IAC) pada pelatihan pemberitaan media yang positif bagi ODHA – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Indonesia Aids Coalition (IAC) mengadakan pelatihan pemberitaan media yang positif bagi ODHA sejak 15 hingga 17 Juli 2019, yang dihadiri perwakilan komunitas peduli Aids dan media di kota Jayapura.

Akbar Prayuda sebagai Law and Human Rights Officer dari Indonesia Aids Coalition (IAC) mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara pengiat HIV/AIDS dan jurnalis terutama dalam pemberitaan.

“Kami harap dengan pelatihan ini dalam pemberitaan baik media cetak, elektronik maupun online bisa memberikan pemberitaan yang positif terkait isu HIV/AIDS sehingga tidak ada stigma ataupun diskriminasi yang ada di masyarakat,” katanya, Senin (15/7/2019).

Lanjutnya, pelatihan ini diadakan oleh IAC di 23 kabupaten/kota di indonesia, termasuk di Jayapura dengan harapan media ikut ambil bagian untuk melakukan advokasi bersama dengan pegiat atau komunitas HIV/AIDS.

Loading...
;

“Dari pelatihan ini diharapkan para wartawan dapat meliput soal HIV lebih mendalam terutama berita-berita yang inspiratif oleh para ODHA maupun relawan atau komunitas agar mengubah pola pikir masyarakat dari stigma-stigma negatif selama ini,” katanya.

Sementara itu, Geradus Ete dari ARV Community Support (ACS) menambahkan, IAC membuat pelatihan ini guna mempertemukan antara komunitas peduli Aids dengan wartawan agar kedepan mereka bisa menyamakan persepsi untuk memerangi dan memberikan informasi terkait HIV lewat pemberitaan kepada masyarakat umum agar tidak muncul stigma-stigma yang menyudutkan salah satu pihak.

“Stigma pada ODHA masih terasa hingga sekarang, sehingga pemahaman masyarakat soal HIV/AIDS perlu terus ditingkatkan melalui media karena media diyakini memiliki peran stategis dalam membantu pengendalian epidemi HIV/AIDS sesuai fungsinya,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top