Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ikan di perairan Jayapura masih aman dikonsumsi

Pihak Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) melalui Jurusan kelautan dan perikanan yaitu Ketua Jurusan kelautan dan perikanan Universitas Cenderawasih John Dominggus Kalor, dan Dosen Jurusan kelautan dan perikanan Efray Wanimbo bersama tim saat menyampaikan keterangan pers – Jubi/Agus Pabika.

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Akademisi Universitas Cendrawasih memastikan ikan di perairan Jayapura aman untuk dikonsumsi.

Ketua Jurusan Kelautan dan Perikanan Uncen, John Dominggus Kalor mengatakan, arus air laut yang jauh memiliki kemungkinan kecil tidak menginfeksi ikan di perairan Jayapura.

“Pola arus laut global arus dari PNG ke Pesisir Jayapura, Sarmi sampai Teluk Cenderawasih tetapi jaraknya itu 600-700 KM maka terlalu jauh, maka kejadian di sana (Madang) baru ke sini (Jayapura) sangat sulit sekali mungkin dia akan mengendap dan jika terakumulasi,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Dosen Jurusan Kelautan dan Perikanan Uncen, Efrim Wanimbo mengatakan, insiden tumpahan merkuri di Provinsi Madang, PNG beberapa waktu lalu juga berpotensi menimbulkan bahaya jika tak diatasi.

Efray Wanimbo, yang fokus menangani biota dan ekosistem laut ini mengatakan, logam mercuri HG berbahan cair dan berwarna putih perak bisa mematikan biota laut yang ada seperti ikan.

“Bila merkuri berikatan dengan klor yg ada dalam perairan laut, membentuk ikatan hgcl. (Merkuri An Organik) Dalam bentuk tersebut hg mudah masuk dalam plakton dan berpindah pada biota lainnya. Awalnya hgcl berbentuk anorganik tetapi setelah diubah oleh mikroorganisme akan menjadi merkuri organik (metil merkuri),” terangnya.

Ia menambahkan, merkuri organik bisa diserap oleh plankton di perairan yang nantinya plankton akan dimakan oleh ikan kecil. Rantai makanan ini akan berlanjut hingga akhirnya terakumulasi pada manusia.

“Maka penyakit apa yang di timbulkan jika terakumulasi oleh Merkuri, diantara logam berat yang paling beracun adalah HG, Logam Berat PB Tima Hitam, CD Katmium mereka tiga ini beracun tapi HG paling beracun, dan jika terinfeksi bisa berdampak bagi tubuh manusia,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top