Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ikan gabus sedang diteliti oleh litbang

Kepala Balitbangda saat mendampingi Asisten I Setda Kabupaten Jayapura dalam kegiatan seminar di aula lantai dua Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (Balitbangda) Kabupaten Jayapura, Hariyanto, mengatakan pihaknya sedang melakukan penelitian terhadap populasi ikan gabus Danau Sentani. Untuk penelitian tersebut Balitbangda menggandeng Sekolah Ilmu Perikanan Sorong Papua Barat.

“Proyek ini sebenarnya sudah berjalan sejak 2018 lalu. Dalam pelaksanaannya memang masih ada sedikit kendala yang dihadapi,” jelasnya.

Secara terpisah, Agustina, salah satu pedagang ikan Danau Sentani yang setiap hari berjualan di eks Pasar Lama Sentani, mengaku populasi ikan gabus memang sudah berkurang dan harus memiliki cara tersendiri untuk mendapatkannya.

“Ikan gabus mahal karena memang susah untuk mencarinya. Ada tempat-tempat khusus yang sebelumnya sudah diamati sebagai sarang atau tempat ikan ini tinggal, penyebaran dan perkembangbiak ikan ini juga diancam oleh ikan yang jenisnya predator. Hal ini yang menyulitkan kita untuk mendapatkan ikan gabus dengan mudah,” pungkasnya. (*)

Loading...
;

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top