Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Imigrasi Jayapura nilai posisi PLBT Laut Hamadi tidak efektif

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura, Gatut Setiawan – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pihak Imigrasi Jayapura, Papua menilai letak titik Pos Lintas Batas Terpadu atau PLBT Laut di Hamadi, Kota Jayapura tidak efektif. Sebab dari data yang ada, banyak warga PNG yang tidak melapor ketika masuk ke Papua-Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut Setiawan, mengatakan sesuai data dari Januari hingga September 2019, kedatangan WNI sebanyak 317, dan warga Negara PNG 133. Sedangkan ketika keberangkatan WNI berjumlah 324, sementara PNG 126 orang.

“Kalau melihat data ini, lebih banyak WNI yang melakukan perlintasan ketimbang PNG. Ini satu indikasi masih ada warga PNG masuk ke Indonesia melalui jalur laut tetapi tidak melapor,” kata Gatut di Jayapura, Kamis (7/11/2019).

Menanggapi itu, dirinya meminta agar pengawasan PLBT Laut di Hamadi lebih diperketat, dan berharap posisi pos yang ada saat ini lebih dimajukan lagi hingga mendekati perlintasan batas negara.

Loading...
;

“Sekarang ini berada di belakang pasar ikan dan untuk memantau ke laut sungguh sangat susah, bercampur baur dengan masyarakat dan pedagang ikan di situ. Kami merasakan aura yang sungguh sangat lemah sekali di situ,” ujarnya.

Menurut ia, permintaan pemindahan PLBT Laut Hamadi sudah disampaikan beberapa kali, hanya saja belum ditindaklanjuti. Sementara dari TNI AL sudah siap membangun pangkalan.

“Apa salahnya kalau kita buat pos di dekat Pangkalan TNI AL, jadi semakin kuat pertahanan keamanan di perlintasan laut tersebut,” katanya.

Gatut Setiawan menambahkan, selain ada TNI juga akan ada pihak Custom, dan satuan Polair.

“Saya pikir itu akan lebih memperkuat lagi pengawasan perlintasan di perbatasan laut. Itu harapan kami, karena belakang ini banyak ditemukan perlintasan di perairan yang masih belum terpantau dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai ketika ingin dimintai keterangan terkait permasalahan yang terjadi di PLBT Laut Hamadi via telepon seluler dan WhatsApp belum memberikan jawaban. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top