Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Indeks Demokrasi Indonesia 2018 : Papua Barat dan Papua paling rendah

Massa aksi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) – Dok. Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Provinsi Papua dan Papua Barat menduduki posisi paling bawah dalam indeks demokrasi Indonesia 2018 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Demokrasi di Papua Barat jadi yang terburuk di Indonesia dengan nilai 58,29 (kategori buruk = <60). Sedangkan Papua berada setingkat dengan nilai 62,20 (kategori sedang = 60-80)

Jika provinsi Papua Barat bisa dikatakan “terjun bebas” dari angka tahun 2017, yakni 62,76, Provinsi Papua mengalami peningkatan dari angka 61,34 di tahun 2017.

Kepala BPS Suhariyanto, dikutip tirto.id mengatakan nilai demokrasi tahun 2018 di Papua Barat hanya mencapai 58,29 karena sejumlah aspek yakni aspek kebebasan sipil nilainya 82,11, aspek hak politik yang hanya mengantongi nilai 40,11, dan aspek lembaga demokrasi yang nilainya 57,21.

Sedangkan di Provinsi Papua aspek kebebasan sipil memperoleh nilai 84,34, aspek hak-hak politik mendapat nilai 47,90; dan aspek lembaga demokrasi mendapat nilai 57,05.

Loading...
;

Untuk Papua Barat ada delapan indikator yang mendapat nilai rendah hingga berakibat indeks demokrasi turun drastis dari kategori sedang menjadi buruk.  Tiga indikator yang paling dominan adalah indikator ancaman/penggunaan kekerasan oleh aparat pemerintah yang menghambat kebebasan berpendapat, ancaman atau penggunaan kekerasan oleh masyarakat yang menghambat kebebasan berpendapat. Juga, terkait persentase jumlah Peraturan Daerah yang berasal dari hak inisiatidf DPRD.

“Jadi ada 8 indikator yang paling berpengaruh tapi 3 paling dominan itu,” kata Suhariyanto.

Suharyanto mencontohkan beberapa kasus seperti intimidasi kepada wartawan dan mutasi pada pegawai honorer yang mempertanyakan honor mereka sebagai kasus-kasus yang mempengaruhi nilai indeks demokrasi di Papua Barat dan Papua.

Sepanjang tahun 2018, tercatat beberapa aksi demonstrasi rakyat di Papua maupun Papua Barat dibubarkan oleh aparat kepolisian. Beberapa pendemo bahkan ditangkap oleh polisi saat demonstrasi berlangsung. 95 orang ditangkap dalam aksi demonstrasi rakyat Papua di Kota dan Kabupaten Jayapura serta Kabupaten Asmat pada tanggal 1 Desember 2018. Saat itu para demonstran melakukan demonstrasi damai untuk memperingati hari kemerdekaan dari Belanda. (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top