HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Indonesia harus segera ungkap pelaku rasisme

KNPB dan SEPAHAM saat melakukan jumpa pers di kantor redaksi Suara Papua – Jubi/ Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Indonesia diminta segera mengungkap pelaku ujaran rasis kepada mahasiswa Papua di Surabaya, Semarang, Makassar dan Malang. Ini disampaikan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama Serikat Perjuangan Mahasiswa Papua (SEPAHAM) menanggapi lambannya pengungkapan pelaku ujaran rasis pada mahasiswa Papua pekan lalu.

Juru Bicara KNPB Ones Suhuniap menilai, Indonesia terkesan tak serius menangani kasus ini. Padahal sudah banyak bukti berupa video yang beredar dan bisa digunakan untuk mengidentifikasi pelaku. Ia juga meminta Kepolisian segera membebaskan massa yang masih ditahan di Timika.

“Kami (KNPB) menyatakan, negara Indonesia harus segera tangkap dan adili pelaku intelektual di balik serangan rasis dan persekusi di Surabaya serta mencari siapa aktor yang menjatuhkan bendera Indonesia di dalam selokan,” katanya kepada Jubi Sabtu (24/8/2019).

Ones Suhuniap juga meminta militer Indonesia berhenti memecah belah rakyat Papua melalui pembentukan milisi-milisi yang menimbulkan korban.

Loading...
;

Sementara itu, Juru Bicara Serikat Perjuangan Mahasiswa Papua (SEPAHAM) Nelius Wenda, mengatakan sudah ada perintah agar mahasiswa Papua dipulangkan dari seluruh wilayah Indonesia ke Tanah Papua.

“Dengan jaminan Gubernur (Papua dan Papua Barat), DPR (Papua dan Papua Barat) dan MRP (Papua dan Papua Barat)  siap untuk melepaskan garuda dari pakaian kedinasannya,” katanya.

Nelius juga meminta PT. Telkomsel mengganti semua kerugian rakyat Papua selama jaringan internet diblokir.

“Sebab Negara sudah menghambat dan membatasi hak  masyarakat untuk mendapatkan dan memperoleh informasi. Ini juga bentuk pelanggaran HAM,” katanya.

KNPB dan SEPAHAM juga meminta Indonesia melepaskan Papua dan sikap menentukan nasib sendiri sebagai solusi untuk mengakhiri proses rasisme berkepanjangan Indonesia terhadap rakyat Papua.

“Kami minta berikan hak penentuan nasib sendiri bagi bangsa Papua sebagai solusi bagi kami,” katanya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top