Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Indonesia mestinya mendukung penentuan nasib sendiri bagi rakyat Papua

Kepala Kantor Koordinasi United Liberation Movement for West Papua di West Papua, Markus Haluk

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Berkaca dari pesatnya pembangunan di Timor Leste, United Liberation Movement for West Papua atau ULMWP menyatakan seharusnya Pemerintah RI mendukung tuntutan rakyat Papua untuk menentukan nasib sendiri. Penyataan itu didasarkan banyaknya dari proyek pembangunan di Timor Leste dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara atau BUMN RI.

Hal itu dinyatakan Kepala Kantor Koordinasi ULMWP di West Papua, Markus Haluk, kepada jurnalis Jubi di Jayapura, Papua, Rabu (19/6/2019). Markus Haluk menyatakan, pembangunan di Timor Leste telah memberikan banyak keuntungan finansial bagi BUMN RI.

“Dalam sejumlah kesempatan saya sering menyampaikan bahwa kemerdekaan negara [yang sebelumnya] terjajah sebagian besar akan dinikmati oleh [negara] penjajahnya. Jadi, seharusnya Pemerintah Indonesia mendukung tuntutan rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri. Bukan sebaliknya, terus mendegradasi, menghancurkan, dan mengusai secara sepihak,” kata Haluk.

Haluk menyatakan bahwa situasi di mana kemerdekaan negara jajahan menguntungkan negara penjajahnya merupakan kecenderungan global. Haluk mencontohkan kemerdekaan Amerika Serikat yang menguntungkan Inggris. Kemerdekaan sejumlah negara bekas jajahan Inggris di Asia Tenggara juga menguntungkan Inggris, dan kemerdekaan Papua Nugini telah menguntungkan Australia.

Loading...
;

Pada masa lalu, kata Haluk, ketika rakyat Timor Leste memutuskan memerdekakan diri dari Indonesia, para elit dan militer Indonesia berusaha mempertahankan Timor Leste menjadi bagian dari RI dengan pengorbanan jiwa dan raga. Haluk menyatakan para pemimpin Indonesia pada 1999 menyatakan kemerdekaan Timor Leste akan menguntungkan pihak asing seperti Australia dan Portugal.

Akan tetapi, kini pembangunan di Timor Leste memberi keuntungan finansial bagi BUMN RI. Perekonomian Timor Leste juga berkembang dengan tetap mengandalkan pasokan barang dan jasa dari Indonesia. “Kira semua pihak harus menyadari hal itu, khususnya Indonesia,” kata Markus Haluk.

Edison Waromi, Ketua Dewan Legislatif ULMWP menyatakan jika Indonesia mau berjiwa besar, Papua tidak akan pernah menjadi bangsa yang menutup diri kepada Indonesia. Waromi meyakini, pertautan sejarah panjang Papua dan Indonesia akan menjadi modal kuat bagi Indonesia dan Papua membina hubungan di masa mendatang.

“Papua ini akan menjadi berkah bagi bangsa-bangsa di dunia, termasuk Indonesia, walaupun Indonesia tidak pernah menghargai martabat orang Papua sejak 1963,”ungkap Waromi dalam konfrensi pers penyampaian laporan ULMWP tentang Perang di Nduga di Jayapura beberapa waktu lalu.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top