Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Industri Kava Pasifik sambut baik uji coba kebijakan impor Australia

Berita mengenai uji coba impor komersial ini mengejutkan banyak pihak di Pasifik, mengingat sikap Pemerintah Australia sebelumnya dalam isu ini. – Reuters: Tim Wimborne

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Anggota-anggota industri kava di Pasifik bersorak gembira, menyusul pengumuman Pemerintah Australia mengenai uji coba impor komersial kava, yang dijadwalkan akan dimulai akhir tahun depan.

“Ini adalah berita yang bagus,” kata Michael Louze, ketua asosiasi industri kava Vanuatu, Vanuatu Kava Industry Association.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengumumkan program uji coba impor komersial Jumat lalu, selang kunjungannya ke Fiji, di mana ia disambut dengan hangat oleh rekannya, Perdana Menteri Frank Bainimarama.

Dia juga menegaskan bahwa proposal yang sudah ada, yang meningkatkan jumlah kava yang dapat dibawa masuk ke negara itu untuk konsumsi pribadi dari dua menjadi empat kilogram, akan diberlakukan pada akhir tahun ini.

Loading...
;

Berita mengenai impor komersial ini tampaknya mengejutkan banyak pihak di Pasifik, mengingat pemerintah Australia terkesan telah mengesampingkan kemungkinan mengubah batas maksimum kava yang diperbolehkan masuk ke Australia.

“Awal tahun ini kita telah membahas kemungkinan untuk meningkatkan batas maksimum kava ke Australia, dan diskusi itu sangat mengecewakan bagi kita semua,” tutur Louze.

“Pembahasan tentang uji coba komersial adalah langkah maju yang baik.”

Louze menambahkan bahwa akses ke pasar Australia, akan menjadi keuntungan bagi petani kava asal Vanuatu, yang saat ini untung karena melambungnya harga produk mereka.

“Kita mendapatkan pasaran baru, dan pasar yang sangat bagus karena sangat dekat dengan kita… ini berpotensi menjadi pasar yang sangat besar.” (Radio Australia/Pacific Beat)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top