Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Infrastruktur jalan faktor utama peningkatan pariwisata

Kondisi jalan Sentani-Depapre – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Wakil Bupati (Wabub) Jayapura, Giri Wijayantoro, mengatakan peningkatan dunia pariwisata di daerah akan lebih meningkat apabila akses dan infrastruktur jalan dalam kondisi baik.

Dikatakan, potensi pariwisata di Kabupaten Jayapura cukup banyak. Baik situs bersejarah, situs geologi, maupun wisata alam hingga pesisir pantai.

“Bagaimana orang luar mau ke sini, sementara infrastruktur jalan tidak memadai. Jangankan orang luar, wisatawan lokal di sini saja sudah jarang pergi ke tempat wisata alam dan pemandian karena jalan yang rusak,” ujar Wabup Giri, saat dihubungi di Sentani, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, untuk infrastruktur jalan di Kabupaten Jayapura, secara khusus ruas jalan utama adalah kewenangan Pemerintah Provinsi Papua.

Loading...
;

Pemerintah Kabupaten Jayapura telah berupaya dan mengusulkan untuk memperbaiki jalan-jalan tersebut, tetapi secara aturan tetap akan disalahkan.

“Sentani, Doyo, Dosai, hingga Depapre kondisi jalan masih sangat memprihatinkan, sementara iven besar seperti PON sudah di depan mata,” jelasnya.

Lanjut Wabup Giri, potensi pariwisata yang dimiliki saat ini ketika dikelola dengan baik, maka ada peningkatan ekonomi masyarakat lokal pada setiap destinasi wisata.

“Secara khusus bagi instansi teknis, hal ini harus menjadi perhatian serius, gelambang arus manusia yang akan datang melalui iven besar ini akan sangat banyak, dan kita dibutuhkan untuk selalu siap sedia,” ungkapnya.

Terkait infrastruktur jalan, Patrisius Yerisitouw, tokoh masyarakat di Kabupaten Jayapura, mengatakan masyarakat sudah sangat jenuh dengan kondisi jalan Sentani-Depapre yang sampai saat ini belum juga diperbaiki.

“Untuk peningkatan pariwisata, kita punya sejumlah pantai wisata yang banyak dikunjungi wisata lokal, nasional, hingga manca negara. Pantai Amai, Harlem, Tablanusu, Dormena, dan masih banyak lagi,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top