HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Infrastruktur PON jadi prioritas pembahasan di Musrembangnas

Infrastruktur PON jadi prioritas pembahasan di Musrembangnas

Stadion Papua Bangkit (SPABA) yang merupakan venue utama pembukaan PON XX tahun 2020 mendatang – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pembangunan infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX menjadi pembahasan prioritas di Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2019, yang digelar di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan sesuai dengan Inpres PON, persiapan pelaksanaan helatan olahraga empat tahunan ini, harus mendapat perhatian khusus.

“PON sudah masuk dalam agenda, karena berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PON sudah disampaikan, seperti masalah kesehatan yang mana Papua harus menyiapkan revitalisasi untuk UGD rumah sakit di lima cluster,” kata Musa’ad, di Jayapura, Selasa (14/5/2019).

Selain h infrastruktur, pengembangan dan pengelolaan air minum di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura juga menjadi perhatian serius. Mengingat ketersediaan air bersih sangat dibutuhkan selama perhelatan PON.

“Pembangunan drainase serta fasilitas olahraga juga menjadi perhatian penataan kawasan sport center. Hal ini dibahas dan disepakati dalam Musrenbangnas,” ujarnya.

Meskipun telah disepakati akan dilaksanakan tahun depan, Musa’ad berharap anggaran pelaksanaan pembangunan infrastruktur pendukung PON bisa dimajukan di APBN-Perubahan 2019 sehingga bisa dmulai dan tinggal dilanjutkan tahun depan.

“Jika sarana pendukung PON dibangun tahun depan dikuatirkan tidak akan selesai tepat waktu. Hanya saja belum dapat diputuskan apakah tahun ini ada APBN-Perubahan atau tidak, karena tahun lalu tidak ada APBN-Perubahan,” katanya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen meminta segala persiapan terkait Pekan PON XX di bumi Cenderawasih dikebut, di sisa waktu yang terbilang cukup singkat .

“Papua punya waktu sangat singkat, dengan demikian semua persiapan harus dipercepat,” kata Hery.

Ia tekankan, penyelenggaraan PON di Papua harus sukses, mengingat olahraga empat tahunan ini merupakan agenda besar nasional yang membutuhkan peran dan kerja keras semua pihak.

“Tidak boleh ada kata gagal terkait PON, sekarang semua pihak harus berfikir untuk bagaimana memberikan dukungan terhadap kesuksesan PON di Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)