Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Inggris umumkan bantuan untuk desalinasi Palestina

Ilustrasi layanan air pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Brussels, Jubi – Inggris mengumumkan sumbangan sembilan juta pound sterling buat proyek desalinasi air Jalur Gaza. Kepala Dinas Pengairan Palestina (PWA) Mazen Ghneim, menyebutkan kepastian pengumuman tersebut disampaikan selama pembukaan konferensi internasional mengenai proyek desalinasi air di Jalur Gaza, yang dihadiri oleh 31 negara dan diselenggarakan di Markas Komisi Eropa di Brussels, Belgia.

“Konferensi itu bertujuan mengumpulkan uang agar proyek tersebut bisa dimulai setelah tahun lalu terkumpul 565 juta dolar AS, atau 80 persen dari seluruh biaya proyek tersebut,” kata Ghneim.

Berita terkait : Rakyat Palestina nekat tanam pohon zaitun di Al-Khalil

Liga Arab suarakan dukungan penuh untuk Palestina

Loading...
;

Puluhan warga Palestina ditangkap usai Israel serbu Al-Aqsha

Dalam pembukaan konferensi itu, Ghneim mendesak donor agar terus mendukung proyek tersebut karena kepentingannya lebih dari dua juta orang yang tinggal di Jalur Gaza yang sedang terkepung.

Ia mengatakan PWA telah menyelesaikan sebagian besar proyek itu dan pekerjaan akan dimulai sekitar akhir tahun ini.

Proyek tersebut diperkirakan akan menyediakan 55 juta meter kubik air per tahun pada tahap pertama sampai 2021, tapi nanti akan diperluas sehingga menyediakan 110 juta meter kubik air setiap tahun.

Ia mengatakan proyek itu diperkirakan akan memberi Jalur Gaza, yang saat ini hanya memiliki tiga persen air yang layak diminum sedangkan 97 persen air daerah sabuk pantai tersebut tak layak buat konsumsi manusia, sehingga proyek desalinasi air itu menjadi satu-satunya jalan ke luar bagi krisis kemanusiaan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top