Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini aspirasi masyarakat Distrik Makimi kepada Pemkab Nabire

Masyarakat Distrik Makimi dalam pertemuan di Aula Kampung Lagari 3 dengan Pemkab Nabire – Jubi/Titus.

Nabire, Jubi – Pertemuan antara Pemkab Nabire bersama masyarakat dan aparat Kampung serta aparat Distrik berlangsung di Aula Kampung Lagari tiga pada Selasa (25/06/2019). pada kesempatan itu, masyarakat dapat menyampaikan berbagai aspirasi.

Kepala Suku Besar Kampung Makimi, Paulus Wopairi mewakili Masyarakat Adat se-Distrik Makimi menyampaikan lima aspirasi kepada Pemkab Nabire. Kata dia, aspirasi ini adalah hasil kesepakatan bersama beberapa masukan oleh warga distrik Makimi.

“Ada beberapa aspirasi yang kami sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Nabire,” ujar Wopairi Saat diberikan kesempatan.

Kata Wopairi, aspirasi yang dimaksud antara lain, meminta kepada pemkab melalui Bupati Nabire untuk tidak mengganti Plt. Kepala Kampung se-distrik Makimi yang sudah dilantik agar memberikan kesempatan hingga akhir masa jabatan Bupati Nabire berakhir. Kedua, kepala Distrik Makimi harus orang pribumi, yakni OAP dari dua kampung adat di daerah ini, yakni kampung Makimi atau Kampung Nifasi. Hal ini sesuai dengan UU Otsus yang menegaskan bahwa menjadi tuan di negeri sendiri.

Ketiga, untuk kekosongan kursi kepala Kampung Lagari satu, maka Pemkab diminta untuk memberikan kesempatan kepada OAP untuk mengisi jabatan tersebut.

Loading...
;

“Selain itu, sesuai rencana pemerintah untuk pemekaran kampung maka kami dari adat sangat mendukung hal tersebut namun kami mengharapkan agar kepala kampung di Distrik Makimi harus anak Papua,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Makimi, Malanda Sembor menambahkan bahwa berhubung saat ini sedang dilaksanakan akreditasi Puskesmas. Maka Pemkab diminta untuk membantu dalam pelaksanaannya. Sebab menurut Malanda, RSUD saat diakreditasi menbapat bantuan Pemkab, namun puskesmas – puskesmas belum.

“Jadi kami minta Bupati untuk memperhatikan hal ini sebab Puskesmas adalah garda terdepan dalam melayani masyarakat. Selain itu, yang akan mendapat nama baik adalah bukan Puskesmas atau Dinkes, tetapi Pemkab,” ucapnya.

Bupati Nabire, Isaias Douw menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mengampaikan aspirasi. Dia pun menginstruksikan kepada bawahannya untuk memerhatikan aspirasi yang telah disampaikan dan menindaklanjutinya.

“Aspirasi ini sudah didengar langsung oleh para kabag dan kepala dinas. Sehingga saya sampaikan kepada bawahan agar menindaklanjuti,” tuturnya.

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top