Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini daftar 37 cabor yang dipertandingkan di PON Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe didampingi Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman saat melakukan penandatangan Surat Keputusan (SK) penetapan cabor yang akan dipertandingkan di PON Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua akhirnya merilis 37 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020.

37 cabor tersebut diantaranya Aerosport, Akuatik, Anggar, Angkat Berat, Atletik, Baseball, Bermotor, Biliard, Bola Basket, Bola Tangan, Bola Voli, Bulutangkis, Catur, Cricket, Dayung, Gulat, Hockey, Judo, Karate, Kempo, Layar, Menembak, Muaythai, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Rugby, Selam, Senam, Sepak bola, Sepak Takraw, Sepatu Roda, Taekwondo, Tarung Drajat, Tenis, Tinju, dan Wushu.

“Langkah selanjutnya adalah melihat venue untuk menyelenggaran 37 cabor tersebut, dan progresnya sangat membanggakan,” kata Kadisorda Papua Alex Kapisa dalam pemaparannya di kegiatan training meliput Popnas XV, Peparnas XV Jakarta dan PON XX Papua 2020 bagi jurnalis olahraga se Jayapura, Jumat (11/10/2019) di Jayapura.

Kata Kapisa, ada tiga kabupaten dan satu kota klaster yang dipersiapkan yaitu Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. Untuk klaster di Kabupaten Mimika, ada beberapa cabor yang dipertandingkan diantaranya Aeromodeling, Terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket ( 5 x 5), bola basket ( 3 x 3), billiard, panjant tebing, futsal, bola tangan, judo, dan tarung drajat.

Loading...
;

“Untuk di Kabupaten Merauke  ada cabor bermotor, catur, gulat, kempo, wushu, anggar, dan sepakbola (putri) dan di Kabupaten Jayapura ada cabor gantole, paralayang, loncat indah, renang, renang artistic, polo air, hoki outdoor, hoki indoor, baseball, softball, senam aerobic, senam artistic, muaythai, karate, rughby, menembah, dan cricket,” ujarnya.

Kata Kapisa, cabor yang paling banyak dipertandingkan ada di Kota Jayapura diantaranya, renang perairan terbuka, angkat besi, angkat berat, binaraga, baseball, softball, panahan, voli indoor, voli pasir, candeing-sprint, rowing, traditional boat race, layar, taekwondo, pencak silat, selam kolam dan laut, sepak takraw, sepatu roda, sepak bola (putra), tenis, bulutangkis, dan tinju.

Sementara, Gubernur Papua Lukas Enembe berharap Papua bukan hanya bertindak sebagai tuan rumah pelaksanaan PON saja tetapi juga dapat berprestasi dalam pelaksanaan ivent empat tahunan tersebut.

“Kita berharap Papua bisa menjadi juara untuk pertama kalinya di luar pulau Jawa, tetapi kami juga harus realistis, makanya target awal kita bisa berharap di lima besar,” kata Gubernur di Gedung Negara usai melakukan penandatangan Surat Keputusan (SK) penetapan cabor yang akan dipertandingkan di PON Papua. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top