HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini langkah Pemkab Tangerang jaga ketahanan pangan

Berbagai komoditas pangan dijual di Pasar Hamadi – Jubi/Ramah

Tak dipungkiri masih ada warga pemilik sawah menjual kepada pengembang untuk dijadikan perumahan dan pergudangan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Tangerang, Jubi – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, gencar mensosialisasikan program  menjaga ketahanan pangan agar lahan pertanian produktif tidak beralih fungsi seperti di kawasan pesisir.

“Kami memang tidak dapat memaksa warga untuk menjual sawah apalagi dengan alasan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga,” kata Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Minggu, (17/3/2019).

Baca juga :: Kuliah kerja lapangan, mahasiswa bikin pameran dan lomba pangan lokal

Loading...
;

Pemkot Jayapura ajak warganya cintai pangan lokal

Membahas pangan lokal Papua di Uncen

Ahmed mengatakan sudah mengimbau agar lahan persawahan irigasi teknis tidak diperjualbelikan untuk menjaga ketahanan pangan. Namun ia tak memungkiri kenyataannya masih ada warga pemilik sawah menjual kepada pengembang untuk dijadikan perumahan dan pergudangan.

“Padahal Pemkab Tangerang sudah menetapkan beberapa wilayah sebagai kawasan argopolitan di Kecamatan Sepatan Timur,” kata Ahmed menambahkan.

Banyaknya alih fungsi lahan membuat pemkab tangerang meluncurkan 13 program untuk ketahanan pangan, apa lagi skor konsumsi pangan daerah ini hanya mencapai 87 persen.

Baca juga : Selain dimiliki pemudi asli Papua, kafe ini tawarkan menu berbahan pangan lokal

Harga pangan masih stabil di Kota Jayapura

NTT wajibkan SKPD sajikan pangan berbahan kelor

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Kustri Windayani, mengatakan skor konsumsi pangan di daerah tersbut perlu ditingkatkan menjadi 100 persen.

“Dengan berbagai cara, di antaranya penangganan daerah rawan pangan,” kata Windayani.

Program tersebut di antranya pemantauan kewaspadaan pangan dan gizi, penyusunan ketersediaan pangan dan neraca bahan makanan, pemantauan dan analisis akses dan harga bahan pangan pokok serta pengembangan pengadaan pangan daerah.

“Sedangkan program lainnya adalah pengembangan lumbung pangan masyarakat, penganekaragaman, penyuluhan sumber pangan alternatif,” kata Windayani menjelaskan.

Menurut dia, Pemkab Tangerang telah membuat pengembangan kawasan rumah pangan lestari, analisis pola konsumsi pangan, penangganan keamanan pangan segar serta fasilitas dewan ketahanan pangan adalah bagian dari 13 program tersebut. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top