Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini pesan Dinkes untuk wujudkan lingkungan sehat di Kota Jayapura

Salah satu sudut di Kampung Nelayan Hamadi yang masih digenangi sampah. – Jubi/Ramah

Kebiasaan hidup sehat bisa dikembangkan di lingkungan sosial masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan di darat maupun di laut

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kota, Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat harus dimulai dari sendiri yang biasa dibudayakan di lingkungan keluarga dalam menjaga kesehatan dan kebersiha.

“Kebiasaan itu kemudian  bisa dikembangkan di lingkungan sosial masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan di darat maupun di laut,” ujar Ni Nyoman di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat, (13/12/19).

Baca jugaLayanan pendidikan dan kesehatan di Yalimo perlu dibenahi

Kebersihan dan kesehatan pasar harus diperhatikan

Loading...
;

Petugas kesehatan diminta lebih dekat dan melayani masyarakat

Menurut Ni Nyoman, upaya mewujudkan lingkungan bersih dan sehat harus dilakukan gotong royong dengan cara membersihkan lingkungan secara bersama-sama. Langkah itu untuk menghindari kesan kumuh dan bau tak sedap yang bisa menyebabkan penyakit.

Ni Nyoman mengaku Dinkes Kota Jayapura sedang gencar mengajak masyarakat dengan cara sosialisasi menambah pengetahuan menjaga kebersihan agar mempertahankan lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Termasuk gerakan menanam tanaman obat seperti serei untuk mengusir nyamuk dan menaruh ikan (bila ada kolam ikan) sehingga menghindarkan genangan air dari jentik nyamuk,” ujar Ni Nyoman menjelaskan.

Seain itu mengukur indikator menjaga lingkungan sehat yang dimulai dari pengelolaan sampah rumah tangga yang baik, sarana dan prasana sehat seperti menyediakan tempat sampah.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan Kota Jayapura telah mendapatkan penghargaan kota sehat pada November 2019 dari Kementerian Kesehatan. Selain itu Kementerian Dalam Negeri juga memberikan piala Swasti Saba  sebagai kota tempat bermukim yang sehat sejahtera.

“Penghargaan piala Swasti Saba ini pertama kalinya,” kata Rustan Saru.

Sedangkan Kota Jayapura meraih dua tatanan sebagai permukiman dan sarana prasarana yang sehat serta masyarakat yang hidup sehat dan mandiri. “Ini berkat kerjasama semua pihak. Mudah-mudahan ini bisa terus dipertahankan dan dijaga sehingga kedepannya piala ini bisa diraih lagi di jenjang yang lebih tinggi,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top