HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ini sejumlah hasil kongres korban bencana Pasigala

Ilustrasi putusan, pixabay.com

Menghasilkan empat belas tuntutan

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Palu, Jubi – Kongres korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala (Pasigala), di Langan Vatulemo Palu, Senin (11/3/2019), menghasilkan empat belas tuntutan. Tuntutan itu dibacakan oleh Imran Latjedi, mewakili Korban Bencana Gempa dan Likuefaksi Sigi.

“Pertama, cabut penetapan area relokasi dan libatkan korban dalam penetapan area relokasi. Kedua, libatkan korban dalam penentuan konsep hunian tetap yang berprespektif hunian tumbuh dan tahan gempa,” kata Imran.

Baca juga : Bintuni dan Wondama rawan bencana, ini catatan SAR Manokwari

Loading...
;

Selain itu konggres juga minta pencairan dana untuk hunian tetap tanpa berbelit-belit dan berikan kewenangan sepenuhnya kepada korban dalam penggunaan dana stimulan hunian.  Para korban minta pemenuhan kebutuhan hunian tetap berbasis hak, yakni setiap keluarga satu hunian tetap.

“Kami juga minta kepastian dan penuhi hak keperdataan atas lahan pemukiman korban yang berada di zona berbahaya,” kata Imran menambahkan.

Ia juga menyebutkan adanya evaluasi dan validasi data korban dengan melibatkan warga. Termasuk pencairan dana santunan korban hilang dan korban jiwa segera serta menanggung seluruh biaya pemulihan kesehatan bagi korban luka-luka.

Berita terkait : Sebagian bantuan untuk korban bencana Palu dialihkan ke Waan

Terima korban bencana Palu-Donggala, pernyataan Bupati Fakfak tuai protes

Dalam kongres itu korban bencana juga minta negara bertanggung jawab atas kerugian material dan penjarahan.

“Korban akan menyampaikan secara langsung tuntutan tersebut kepada Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah pada pekan depan,” kata Imran menjelaskan.

Ratusan korban yang hadir pada kongres tersebut berjanji akan menemui Gubernur Sulteng Longki Djanggola atau pejabat lainnya untuk menyampaikan tuntutan tersebut. Korban juga akan mendatangi dinas terkait dalam penanggulangan dan penanganan pascabencana untuk menyampaikan hak-hak korban. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top