Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Inspektorat diminta perketat awasi pelaksanaan anggaran

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal didampingi Inspektur Papua, Anggiat Situmorang menyalami staf. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meminta para aparat inspektorat di provinsi, kabupaten dan kota memperketat pengawasan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD yang sudah disahkan. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Jayapura, Senin (4/11/2019).

“Inspektorat harus lebih jeli dalam melakukan pengawasan. Sehingga APBD kabupaten/kota yang disahkan benar-benar bermanfaat bagi pembangunan kemasyarakatan,” kata Tinal.

Dalam melakukan pengawasan, ujar ia, inspektorat harus bisa berkoordinasi dengan kepala daerah. Tinal ingin pengawasan itu menjadi satu kesatuan yang utuh, agar pengelolaan pemerintah bisa berjalan dengan baik dan bersih.

“Inspektorat hubungannya harus lebih erat dengan pemerintah daerah, sehingga bisa memastikan semua program yang sudah diputuskan berjalan dengan baik dari awal sampai akhir,” ujarnya.

Loading...
;

Tinal menekankan inspektorat memiliki kedudukan strategis. Para inspektur pengawas harus memastikan keuangan daerah berjalan baik, sekaligus membantu organisasi perangkat daerah menyusun laporan.

“Ini merupakan peran strategis yang dimiliki oleh inspektorat. Mau tidak mau kualitas personelnya harus ditingkatkan lebih lagi,” katanya.

Hal senada disampaikan Inspektur Papua Anggiat Situmorang. Dirinya mengatakan dalam menjalankan tugas pokok, Inspektorat Papua akan terus meningkatkan peran dalam pendampingan dan pengawasa seluruh program yang tertuang dalam APBD.

“Intinya tugas kami adalah mencegah terjadinya kesalahan dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan setiap organisasi perangkat daerah. [Kami juga bertugas] memperbaiki kesalahan yang telah terjadi, agar kesalahan tersebut tidak terulang,” kata Situmorang. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top