Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jadi negara ‘maju’, dampak keuangan Kepulauan Cook minim

Sekretaris Kementerian Keuangan dan Manajemen Ekonomi Kepulauan Cook, Garth Henderson. – Cook Islands News

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi – Kepulauan Cook telah lulus menjadi negara ‘maju’ – tetapi meskipun banyak yang memperingatkan, negara ini diperkirakan tidak akan kehilangan satu sen pun bantuan asing dari mitra utamanya.

Negara ini resmi lulus ke kategori negara ‘berpenghasilan tinggi’ 10 Juli lalu, menurut Kementerian Keuangan dan Manajemen Ekonomi.

Kepulauan Cook dikatakan masih memenuhi syarat untuk menerima bantuan asing hingga 1 Januari 2020. Tetapi bahkan setelah itu, sekelompok ahli berkata, beberapa donor bantuan terbesarnya termasuk Selandia Baru, Tiongkok, dan India – telah berkomitmen untuk melanjutkan dukungannya.

Sekretaris Kementerian Keuangan, Garth Henderson, menegaskan bahwa kelulusan itu merupakan pencapaian yang penting karena Kepulauan Cook adalah negara Kepulauan Pasifik pertama yang mencapai status ini. Henderson mengatakan ini adalah kemajuan penting dalam pembangunan negara itu, dan merupakan bukti dari keefektifan strategi pemerintah, kebijakan fiskal yang disiplin, dan tata pemerintahan yang baik.

Loading...
;

Namun, sebelumnya, status baru ini ditakutkan akan membawa tantangan baru, terutama dalam hal hilangnya sebagian besar bantuan asing yang sebelumnya digunakan untuk memperbaiki infrastruktur yang ada, dan meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim di negara ini.

Ahli ekonomi pemerintah Cook, Natalie Cooke, memprediksikan dampak ini akan ‘minim’.

“Kita berharap dampak finansial dari kelulusan ini minim, dan oleh karena itu kita tidak sedang mencari uang bantuan ‘pengganti‘. Kita akan tetap bekerja sama dengan mitra pembangunan kita ke depannya,” kata Cooke.

Saat menerima pemberitahuan tentang kemungkinan kelulusannya pada 2016, pemerintah Kepulauan Cook meminta perpanjangan untuk menganalisis data yang ada sebaik-baiknya dan meminimalkan kemungkinan kelulusan yang terlalu dini.

Kantor Statistik Nasional, dengan bantuan mitra-mitranya, mengolah data yang sudah ada dan mengembangkan developed data yang sebelumnya tidak tersedia, tentang Pendapatan Nasional Bruto (GNI) – indeks standar dalam menentukan pembangunan ekonomi. (Cook Islands News)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top