HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jadi Plt Kadisorda, Alexander Kapisa langsung dapat tugas khusus

Gubernur Papua Lukas Enembe saat menyerahkan SK kepada pelaksana tugas Kepala Dinas Olahraga Papua yang baru, Alexander Kapisa. – Jubi/Alex.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Daud Ngabalin mengakhiri tugasnya sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda atau Kadisorda Papua, dan digantikan Alexander Kapisa, Rabu (31/7/2019). Kapisa langsung mendapat tugas khusus untuk melacak perkembangan proses penerbitan instruksi presiden terbaru tentang Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua.

Gubernur Papua Lukas Enembe memimpin prosesi serah terima jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kadisorda Papua di Jayapura, Rabu. Alexander Kapisa belum ditetapkan menjadi Kadisorda definitif, karena saat ini juga masih menjabat sebagai Kepala Kantor Penghubung Provisi Papua di Jakarta.

Meskipun demikian, Enembe sudah memberi tugas khusus bagi Kapisa. Kapisa diminta segera melacak perkembangan proses penerbitan instruksi presiden tentang PON XX Papua. “Katanya sudah ada di Presiden, tapi belum jadi.  Kita tidak bisa diam-diam seperti ini. [Kalau] kita bicara PON, harus [bergerak cepat],” ujarnya.

Meski meminta Kapisa segera “gerak cepat”, Enembe juga berpesan agar Kapisa menjaga komunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan PON XX Papua di Jakarta. Enembe menilai lambatnya proses penerbitan instruksi presiden tentang PON XX Papua terjadi karena adanya salah komunikasi antara Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah pusat.

Loading...
;

“[Menjelang pelaksanaan PON XX Papau pada 2020] jabatan Kadisorda memang harus diisi oleh orang yang memiliki mobilitas tinggi. [Akan tetapi,] kita juga tidak boleh kasar-kasar juga. Cara kita kemarin itu kasar. Kita yang minta bantuan, tapi [cara] kita kasar. [Itu] menyebabkan banyak orang pusat tersinggung,” ujarnya tanpa merinci kesalahan komunikasi itu.

Enembe juga meminta pejabat lama Plt Kadisorda Papua, Daud Ngabalin untuk melanjutkan tugasnya sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Provinsi Papua. “Kita kembalikan [Daud Ngabalin] ke jabatannya semula, karena ada aturan tidak boleh rangkap jabatan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Enembe juga memimpin serah terima jabatan Asisten II Bidang Perekonomian Pemerintah Provinsi Papua. Pejabat lama Noak Kapisa digantikan oleh Muhammad Musa’ad. Musa’ad juga belum berstatus pejabat definitif, karena saat ini ia masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua.

Noak Kapisa yang akan memasuki masa pensiun selanjutnya akan ditunjuk sebagai Direktur PT Papua Investasi Mandiri. PT Papua Investasi Mandiri adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Papua. “BUMD ini yang nantinya akan mengelola 10 persen saham Freeport yang dibeli Inalum,” kata Lukas Enembe.

Enembe menambahkan, dalam waktu dekat jabatan Pelaksana Tugas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua, yang selama ini dipegang oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa juga akan diserahterimakan.

“Dalam waktu dekat, saya juga akan melantik pimpinan OPD yang baru dibentuk. Saat ini masih dalam proses seleksi, tim seleksi masih bekerja. Jadi pelaksana tugas silahkan tetap laksanakan tugas sampai proses seleksi selesai dan dilakukan pelantikan,” kata Lukas Enembe.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top