Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jakarta belum juga agendakan kunjungan Komisioner Tinggi HAM PBB ke Papua

Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa, Michelle Bachelet – un.org

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-bangsa menyatakan hingga saat ini lembaganya belum juga mendapat kepastian jadwal kunjungan ke Papua dari Pemerintah RI. Padahal pada Januari tahun ini Jakarta telah menjanjikan akan mengizinkan badan urusan hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-bangsa itu mengunjungi Papua.

Michelle Bachelet, Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-bangsa menyinggung kembali rencana kunjungan yang belum terelisasi itu, ditengah peningkatan kekerasan di kedua wilayah Papua belakangan ini. Dalam sebuah komentarnya setelah pidato publik di Jenewa belum lama ini, Bachelet menyatakan upaya penjadwalan kunjungan itu belum juga ada kemajuan.

“Kami terus bekerja untuk memastikan kunjungan ini dengan pejabat setempat, namun sejauh ini belum ada kemajuan.  Tetapi kami tentu akan terus akan memastikan sesuai janji mereka (pemerintah Indonesia) kepada para pejabat komisoner sebelum saya untuk mengunjungi West Papua. Walau belum membuahkan hasil, tapi saya tetap berharap dari berbagai upaya ini, apalagi pemerintah RI bilang pada saya mereka juga berharap,” ujarnya seperti dikutip RNZI (5/9/2019).

Michelle Bachelet (4/9) juga mengatakan ia khawatir dengan peningkatan kekerasan dan blokade internet di Papua.  “Seharusnya tidak ada tempat bagi kekerasan sedemikian di Indonesia yang demokratis dan beragam. Saya mendorong para pejabat pemerintah menggelar dialog dengan rakyat Papua dan Papua Barat termasuk mengembalikan akses internet dan menghentikan penggunaan kekuatan berlebih,” ujarnya.

Loading...
;

Akhir Agustus lalu, Kementerian Luar Negeri menyatakan belum membicarakan waktu kunjungan Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (KT HAM PBB) ke Papua.”Belum ada kabar. Belum ada pembicaraan,” kata pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, kepada CNNIndonesia.com Rabu (28/8).(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top