HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jalan masuk Pasar Pharaa rusak parah, warga minta Dinas PU Jayapura buka mata

Warga yang melintas di jalan masuk Pasar Pharaa Sentani, yang kondisinya berlubang dan tergenang air – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Jalan masuk ke Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura, yang rusak akibat banjir bandang tiga bulan silam, hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki. Jalan berlubang dan tergenang air bila hujan, sudah banyak membuat pengguna motor terjatuh di jalan rusak ini.

Dari pantauan Jubi pada Senin (8/7/2019), ada enam kendaraan roda empat dan lima kendaraan roda dua yang tidak dapat menghindari lubang tersebut dan ada yang terjatuh.

Ada pesan yang ditulis di karton dan dipasang di jalan berlubang itu oleh warga setempat. “Pemerintah Kabupaten Jayapura mohon buka mata lihat jalan utama masuk Pasar Pharaa Sentani dibiarkan hancur”.

Haji Azmi Salah, seorang warga di sekitar ruas jalan masuk Pasar Pharaa Sentani yang rusak tersebut, mengatakan jalan ini sudah berlubang dan tergenang air sejak banjir bandang menghantam sentani pada Maret silam.

Loading...
;

“Dari banjir bandang bulan Maret, jalan ini tidak ada perbaikan, misal penimbunan jalan yang lubang. Jalan ini ada beberapa lubang yang dalam jadi kalau yang bawa motor tidak tahu, mereka bisa jatuh. Kalau bilang berapa yang jatuh, itu banyak, dalam satu hari itu pasti ada saja yang jatuh karena terjebak di lubang,” jelas Haji Azmi, saat ditemui Jubi, Senin (8/7/2019).

Ia juga menjelaskan air yang tergenang ini bukan air bekas pakai warga dan juga air dari parit melainkan air hujan yang tergenang.

“Ini air hujan yang tergenang, karena tidak ada parit jadi dari jalan sebelah dan sebelah semua tertampung di tempat yang rendah sini,” ujar Haji Azmi.

Haji Azmi mengatakan jalan ini ada di kota tapi Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura tidak pernah memperhatikan kondisi jalan ini.

“Masa tanggap darurat itu kan ada anggaran untuk perbaikan jalan seperti ini, tapi kenapa tidak ada perbaikan, ini jalan keluar masuk kendaraan, baik yang dari pasar dan mau ke pasar,” katanya.

Ia berharap Dinas PU Kabupaten Jayapura tidak tutup mata dan tinggal diam tapi harus segera melakukan perbaikan ruas jalan ini.

“Jangan bilang nanti di anggaran berikut, apa mau tunggu banyak korban yang jatuh baru dianggarkan? Ambil krikil dan cor semen saja dulu biar akses jalan masuk ini baik,” kata Haji Azmi.

Keluhan warga yang ditulis di secarik karton dan dipasang di jalan yang rusak – Jubi/Yance Wenda

Herry Salah, seorang tukang ojek di Sosial Sentani, mengatakan ruas jalan ini ada di dalam kota tapi seperi ada di dalam hutan.

“Kalau sudah bawa barang banyak itu bisa jatuh apalagi jalan sudah berlubang dan tambah lagi batu-batu lepas banyak. Sudah banyak pengendara motor yang jatuh di jalan ini,” ucapnya.

Ia berharap Dinas PU Kabupaten Jayapura, membuka mata dan tidak hanya tinggal janji.

“Masa jalan di dalam kota kondisinya dibiarkan begini. Katanya mau Go Adipura. Coba perbaiki dulu to, hambur krikil saja susah atau bagaimana. Pak Kadis PU Kabupaten Jayapura pasti juga pernah keluar masuk di pasar dan pasti tahu kondisi jalan ini,” kata Herry. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top