Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jangan Perlakukan Anak Seperti Anak Buah

Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto – Jubi/Munir
Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Seto Mulyadi, Pemerhati Anak atau yang akrab disapa Kak Seto, menghimbau kepada setiap orang tua agar tidak memperlakukan anak seperti anak buah. Melainkan harus mendidik anak seperti Tuhan mendidik umatnya dengan penuh kasih sayang.

 

“Jangan terlalu sering menyuruh mereka dengan paksaan dan ancaman apabila anak tidak melakukan apa yang kita suruh,” kata Kak Seto kepada wartawan seusai mengikuti puncak acara Hari Anak Nasional tingkat Kota Jayapura, di GOR Waringin Kotaraja, Sabtu (1/8/2015).

Lanjutnya, apabila anak tidak mau melakukan apa yang orang tua inginkan, maka bisa dilakukan dengan cara yang halus, ajak mereka bermain guna menjalin keakraban, agar mereka merasa nyaman berada didekat kita.

“Saya yakin dengan cara seperti itu pelan-pelan anak akan selalu mendengar nasehat kita. Dan mau menuruti apa yang kita suruh kepada mereka,” katanya.

Dia juga mengingatkan para orang tua, agar membatasi anak dalam menonton siaran televisi.

Loading...
;

Menurutnya, program acara televisi bidang pendidikan, berada urutan terbawah atau 0,7 persen yang ditonton anak-anak, sementara program acara lainnya yang tidak layak ditonton anak-anak berada di urutan atas atau lebih dari 30 persen.

“Orang tua, harus membatasi itu. Wajib jadi perhatian orang tua, bahwa tontonan apa yang layak untuk ditonton anak-anak,” katanya.

Dia akan meminta kepada Presiden Joko Widodo dan DPR RI, untuk mengesahkan peraturan libur nasional setiap tanggal 23 Juli 2015 dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan sebagai penghargaan bagi 80 juta lebih anak Indonesia.

“Kalau ada hari buruh dan hari guru dihargai, kenapa hari anak tidak dihargai sebagai suatu dimana keluarga libur agar bisa bermain dengan anak-anaknya,” tambahnya.

 

Di tempat yang sama, Ratna seorang warga Kotaraja, Distrik Abepura yang juga orang tua yang ikut dalam puncak acara Hari Anak Nasional tingkat Kota Jayapura, di GOR Waringin Kotaraja, Sabtu (1/8/2015) mengungkapkan, ia mengajak kepada seluruh orang tua untuk mencintai buah hati mereka masing-masing.

“Anak merupakan amanah dari tuhan untuk kita, maka berlakukan sayangi anak kita semua, sebagai mana Tuhan menyayangi umatnya,” kata Ratna kepada Jubi. (Munir)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top