Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jayapura dan Merauke jadi pintu Papua menuju pasar Pasifik

Gerbang perbatasan RI-PNG di Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura – Jubi.Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Anggota Komisi II DPR Papua yang membidangi ekonomi dan perdagangan, John NR Gobai menilai Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke berpotensi menjadi pintu masuk Papua menuju pasar Pasifik.

Ha itu dikatakan John Gobai kepada Jubi pasca hadir dalam kunjungan tidak resmi Wakil Menteri Luar Negeri Papua Nugini (PNG), Sekie Agisa dan Wakil Menteri Perdagangan PNG ke Merauke, 16-17 Juli 2019.

Menurut Gobai, potensi itu dimiliki kedua daerah tersebut karena wilayah Skouw di Distrik Muaratami, Kota Jayapura dan Distrik Sota di Kabupaten Merauke merupakan perbatasan antara Negara Indonesia dengan Papua Nugini (PNG).

“Pemerintah Indonesia harus mempercayakan Papua membangun pasar dan agroindustri dalam rangka membangun trans-Pasifik partnership,” kata John Gobai, Kamis (18/7/2019).

Loading...
;

Katanya, pengembangan agroindustri untuk pangan nasional dan pangan lokal perlu segera dilakukan di dua wilayah ini, untuk membangun relasi dagang dengan negara-negara Pasifik.

Gobai ingin Pemerintah Indonesia memperbolehkan negara dari kawasan Pasifik membangun kerjasama dengan Pemkot Jayapura dan Pemkab Merauke, sebagai pintu masuk antara negara Pasifik dan Indonesia guna membuka basis ekonomi trans-Pasifik.

“Kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri dan Wakil Menteri Perdagangan PNG ke Merauke merupakan momentum penting yang mesti dimanfaatkan Pemprov Papua dan Pemkab Merauke, untuk pengembangan agroindustri serta pelabuhan ekspor di Merauke dengan dukungan Pemerintah Indonesia, DPR Papua, MRP,” ujarnya.

Sementara, Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Papua, Suzana Wanggai ketika mendampingi Wakil Menteri Luar Negeri PNG, Sekie Agisa dalam kunjungan tidak resminya ke Merauke mengatakan, Pemerintah PNG tertarik membeli beras dari petani di kabupaten itu.

Ketertarikan itu ditunjukkan dengan kunjungan Sakie Agisa ke Kabupaten Merauke, untuk melihat langsung lokasi pertanian yang ada di wilayah itu. Selain menjajaki membeli beras, PNG juga berencana membeli kapal yang dibuat oleh galangan kapal masyarakat di Merauke.

“Semoga rencana PNG membeli beras dan kapal dari Merauke dapat segera terwujud,” kata Suzana Wanggai. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top