HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jayawijaya berada di stratifikasi kuning angka beban Malaria di Papua

Jayawijaya berada di stratifikasi kuning angka beban Malaria di Papua

Kegiatan Pengembangan dan pemantapan malaria center di Jayawijaya-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kepala Balai Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS, TBC dan Malaria Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Beeri S. Wopari mengatakan, dari data 2018 Kabupaten Jayawijaya berhasil menurunkan angka beban Malaria, sehingga masuk pada stratifikasi kuning.

“”Satu atau dua tahun lagi, dipastikan masuk dalam stratifikasi hijau yang artinya beban Malaria sudah berada di bawah atau kurang dari 1 per seribu penduduk,”” kata Wopari di sela-sela pengembangan dan pemantapan Malaria center di Jayawijaya di salah satu hotel di Wamena, Rabu (10/7/2019).

Dengan kata lain, kata dia, angka beban Malaria di Kabupaten Jayawijaya sudah berada pada posisi empat per 1000 penduduk, dengan begitu Jayawijaya bisa disiapkan untuk masuk dalam eliminasi Malaria Indonesia.

“Jayawijaya berada pada posisi pra eliminasi. Sehingga untuk mempertahankan pra eliminasi hingga nanti masuk ke eliminasi, diperlukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya terpadu seperti pengendalian Malaria secara terpadu,” katanya.

Ia menjelaskan, keseluruhan untuk Papua beban kasus Malaria berada pada posisi 35 per 1000 penduduk, dalam arti masih sangat tinggi dan berada distratifikasi merah.

“”Untuk itu perlu kerja keras semua pemangku kepentingan, karena provinsi membawahi semua kabupaten sehingga semua kabupaten harus melakukan upaya-upaya pengendalian malaria dan salah satunya yang sudah dilakukan kabupaten Jayawijaya, dan kabupaten lainnya yang akan menyusul seperti Biak Numfor, Supiori,” katanya.

Asisten I Jayawijaya, Tinggal Wusono juga berharap di tahun 2024 nanti Jayawijaya mampu menjadikan eliminasi malaria.

“Harapannya, melalui kegiatan pengembangan dan pemantapan Malaria Center ini bisa memberikan pencerahan kepada seluruh pemangku kepentingan, untuk bisa membantu dinas kesehatan dalam rangka pengembangan yang ada maupun memberikan sosialisasi kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan pokok kita masing-masing,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)