Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang 1 Desember, Pemprov Papua minta warga tak parno  

Ilustrasi peta pulau Papua – Jubi/google map

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta warga Kota Jayapura dan sekitarnya untuk tidak takut atau curiga berlebihan (parno), menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Organisasi Papua Merdeka yang jatuh setiap 1 Desember.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, mengatakan masyarakat Papua harus cerdas dalam menyikapi isu-isu yang beredar jelang 1 Desember 2019.

“Jangan terprovokasi isu yang sengaja disebar oknum-oknum tertentu yang mempunyai kepentingan membuat situasi di tanah Papua ini tidak aman,” kata Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu (13/11/2019).

Menurut ia, sebaiknya 1 Desember dilakukan ibadah. Apalagi beberapa waktu lalu Papua baru mengalami hal pahit, yang mana banyak jatuh korban jiwa maupun harta benda.

Loading...
;

“Mari kita sama-sama menjaga Tanah Papua ini tetap aman dan sejahtera,” ajaknya.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Eko Daryanto, mengatakan pihaknya tidak akan melakukan pengamanan khusus jelang HUT OPM pada 1 Desember 2019.

“Tidak ada pengamanan atau penerjunan penambahan pasukan secara khusus,” kata Eko.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan pihaknya sudah mendapat informasi terkait adanya sejumlah kelompok yang akan merayakan 1 Desember dengan doa bersama.

Meskipun demikian, jelas ia, ada aturan yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, termasuk dalam doa bersama.

“Intinya, kami akan mengantisipasi keamanan saat 1 Desember 2019. Jika tak mengikuti aturan yang ditetapkan, kami akan tindak tegas,” kata Waterpauw.

“Kami tak pernah alergi dengan penyampaian pendapat di muka umum ataupun doa bersama. Tapi, jika dalam kegiatan tersebut melanggar aturan yang berlaku, tetap kami bubarkan,” sambungnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top