Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang Pilkada Serentak 2020, Golkar mulai buka pendaftaran calon

Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Papua, Klemen Tinal. – Jubi.dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Papua telah membuka pendaftaran pencalonan kepala daerah di 11 kabupaten yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020. Hal itu dinyatakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Papua, Klemen Tinal di Jayapura, Rabu (16/10/2019).

“Pendaftaran sudah dibuka. Siapa saja yang ingin maju pada Pilkada 2020 silahkan mendaftar dengan membawa berkas-berkas yang dipersyaratkan,” kata Tinal.

Ia menegaskan, Partai Golkar tidak akan memungut mahar dari para bakal calon peserta Pilkada Serentak 2020. “Tidak ada mahar, kalau ada, laporkan ke saya. Saya sudah instruksikan kepada semua pengurus untuk menolak mahar dalam Pilkada. Jika ada yang melakukan pungutan, Partai Golkar akan menindak tegas,” ujarnya.

Meskipun membuka pendaftaran bakal calon peserta Pilkada secara terbuka, Tinal menyatakan partai berlambang beringin itu tetap akan memprioritaskan para kadernya untuk menjadi bakal calon peserta Pilkada Serentak 2020. Akan tetapi, survei popularitas para pendaftarkan juga akan dipertimbangkan Partai Golkar.

Loading...
;

“Kader partai yang mendaftar pasti akan mendapat prioritas pertama. Namun, surveilah yang menentukan. Jika dalam survei kader partai kalah dari [bakal] calon non kader, tentu kader harus menerima keputusan Golkar untuk memberikan dukungan kepada [bakal calon] non kader. Yang terbaik, itulah yang diusung,” katanya.

Sebelumya Ketua KPU RI, Arif Budiman mengatakan sejak 2012 kualitas penyelenggaraan Pemilu di Papua terus mengalami peningkatan. Hal itu antara lain terlihat dari hasil Pemilu Serentak 2019, di mana tingkat partisispasi Pemilu Pileg-Pilpres untuk Papua diatas rata-rata nasional. “Suksesnya Pemilu tidak hanya tergantung kepada KPU sebagai penyelenggara, akan tetapi membutuhkan dukungan dan komitmen dari seluruh pemangku kepentingan agar berjalan dengan baik,” kata Arif.

Sekadar diketahui, 11 kabupaten yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak pada 2020 mendatang adalah Kabupaten Supiori, Mamberamo Raya, Keerom, Nabire, Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Asmat, Boven Digoel, Merauke, dan Kabupaten Waropen. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top