HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang PON 2020, hotel di Papua belum bersertifikasi bintang 

Foto ilustrasi salah satu hotel di Kota Jayapura – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Provinsi Papua, Sahril Hasan mengungkapkan hingga kini belum ada hotel di Papua yang telah memiliki sertifkasi kelas bintang. Para pengelola hotel tidak mengurus sertifikasi itu karena jumlah tamu hotel sedikit.

“Belum ada sertifikasi kualifikasi bintang untuk hotel di Papua. Proses sertifikasi belum dilakukan karena jumlah tamu hotel masih terbatas,” ujar Sahril saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (11/4/2019).

Hingga akhir tahun 2018, sudah beroperasi 65 hotel di Provinsi Papua, baik itu hotel yang telah memiliki fasilitas sehingga bisa memenuhi kualifikasi bintang, maupun hotel melati. “Kualifikasi bintang sebuah hotel bergantung dengan fasilitas yang dimiliki hotel itu,” ujarnya.

GM Horison Jayapura, Eddy mengakui Hotel Horison Jayapura belum mendapatkan sertifikasi kualifikasi bintang.  Akan tetapi, Eddy menjelaskan dua hotel di bawah manajemen Horison di Jayapura sedang menempuh sertifikasi bintang ke Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata.

Loading...
;

“Untuk PON 2020, (proses sertifikasi hotel berbintang) ini penting. Kami akan menempuh proses sertifikasi Lembaga Sertifikasi usaha Pariwisata yang ditunjuk menagemen dari pusat. Proses sertifikasi bukan hanya memeriksa fasilitas yang dimiliki sebuah hotel, namun juga memerika kompetensi pekerja maupun kualitas pelayanan sebuah hotel,” ujarnya saat ditemui di Horison, Kamis (11/4/2019).

Secara terpisah Kepala Cabang Sucofindo Mimika, Surahman menyatakan sejumlah hotel di Papua mulai mempertimbangkan untuk menempuh proses sertifikasi kualifikasi bintang ke Sucofindo. Menurutnya, saat ini ada empat hotel yang sedang menjalani proses sertifikasi untuk mendapatkan kualifikasi bintang.

“Ada beberapa hotel lain juga juga menindaklanjuti sosisalisasi kami, namun belum menempuh sertifikasi karena masih melengkapi sejumlah dokumen yang dipersyaratkan. Proses pemulihan pasca bencana banjir bandang Sentani juga masih menjadi pertimbangan hotel untuk mengajukan sertifikasi,” kata Surahman.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top