HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang PON, pedagang minta Pemerintah buka pasar khusus wisata

Hasil kerajinan tangan mama-mama Papua – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

 Jayapura, Jubi – Solidaritas Pedagang Asli Papua ( Solpap) meminta Pemerintah membuka pasar khusus dalam perhelatan PON 2020 mendatang. Pasar khusus ini dibuka untuk para wisatawan dan akan menampilkan berbagai produk unggulan hasil kerajinan mama mama Papua.

Ketua Solidaritas Pedagang Asli Papua ( Solpap) Frengky Warer mengatakan kerajinan tangan serta pangan lokal Papua yang di buat oleh mama-mama Papua sudah beragam. Saat ini hanya dibutuhkan wadah untuk menampilkan itu semua.

“Solpap telah usulkan ini ke pemerintah dalam menyambut PON, dengan membuat tempat yang khusus dimana semua hasil kerajinan semua orang Papua tidak hanya mama- mama dapat kita kumpulkan pada satu tempat saja agar muda di akses oleh pengunjung,” kata Fengky.

Hasil kerajinan dapat di pusatkan pada satu pasar agar mempermudah wisatawan yang datang tanpa harus berkeliling Papua. Ini juga bisa memutus mata rantai dan ongkos produksi yang biasa membesar.

Loading...
;

“Ketika mereka masuk di pasar atau stand, pengunjung akan tau dengan motif kerajinan dari masing-masing daerah seperti dari Biak, Sorong, Merauke, Wamena dan lainnya,” katanya.

Sementara itu Dicky Fadrian kepala Devisi Bisnis Makanan Daerah Indonesia Timur mengatakan dari Permodalan Nasional Madani (PNM) akan membantu memberikan modal melalui program pengembangan kapasitas usaha.

“Baik itu bisa usaha sagu, pinang dan usaha kerajian lainnya akan kita beri modal agar pelan-pelan meningkat, dan kedepan mereka bisa mandiri sendiri memiliki home industri tidak hanya pada momentum PON melainkan pada masa mendatang,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top