Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang puasa, Kementerian Perdagangan pantau harga sembako di Jayapura

Kementerian Perdagangan meninjau Pasar Hamadi, Kota Jayapura, Papua, untuk memerika harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa, Jumat (3/5/2019). – Dok.Kemendag

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan, Suhanto menginspeksi gudang Gudang Bulog Divisi Regional Papua dan sejumlah lokasi di Jayapura, Papua, Jumat (3/5/2019), untuk memantau harga barang kebutuhan pokok menjelang bulan puasa. Hingga Jumat, harga barang kebutuhan pokok relatif stabil. Akan tetapi, harga bawang merah, bawang putih, telor, ayam potong dan cabai keriting mulai merangkak naik.

Pada Jumat, Suhanto juga menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak, membahas upaya untuk menjaga harga barang kebutuhan pokok di Papua tetap stabil sepanjang bulan puasa maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Suhanto menegaskan Kementerian Perdagangan berkomitmen menjaga harga barang kebutuhan pokok di Papua tetap wajar sepanjang bulan puasa dan menjelang Idul Fitri 2019.

“Mendekati bulan puasa ini, kami akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua, pemerintah kabupaten/kota di Papua, dan satuan tugas pangan. Kami ingin mengawal harga maupun pasokan barang kebutuhan pokok, agar warga tenang menyambut bulan puasa dan Lebaran 2019,” kata Suhanto di Jayapura, Jumat.

Hasil pemantauan sejumlah pasar di Kota Jayapura mencatat harga berbagai bahan kebutuhan pokok relatif stabil. Di Pasar Hamadi misalnya, harga beras medium Bulog berkisar Rp10.000 – Rp11.000 per kilogram, sementara beras premium dijual dengan harga Rp13.000 – Rp15.000 per kilogram.

Loading...
;

Harga minyak goreng curah berkisar Rp13.000 per liter, dan harga gula pasir berkisar Rp13.000 – Rp14.000 per kilogram. Harga cabai keriting dan bawang merah masing-masing tercatat Rp30.000 dan Rp60.000 per kilogram. Harga daging ayam ras mencapai Rp34.000 per kilogram, sementara harga daging sapi mencapai Rp135.000 per kilogram.

Rombongan Kementerian Perdagangan juga mendatangi salah satu ritel modern di Kota Jayapura, dan memerika harga barang kebutuhan pokok di sana. Harga barang kebutuhan pokok yang dijual di ritel modern masih di bawah harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah.

Suhanto mengharapkan ritel modern memasang spanduk atau poster yang mengumumkan ketersediaan barang kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng kemasan, gula, dan daging beku, berikut harga yang mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi.

Stok beras di Gudang Bulog Divisi Regional Papua mencapai 30.418 ton, dan diperkirakan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga tiga bulan mendatang. Mawardin, Kepala Gudang Bulog menegaskan stok gula pasir di gudangnya mencapai 3.000 ton. “Untuk gula, saya yakin cukup untuk memenuhi kebutuhan enam bulan ke depan,” ujar Mawardin. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top