Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jelang ujung tahun, Kabupaten Jayapura genjot serapan anggaran

Giri Wijayantoro – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro optimistis penyerapan anggaran mereka meningkat sehingga mencapai target atau lebih dari 80% pada bulan depan. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) pun harus bekerja secara maraton menuntaskan semua program kedinasan.

“Saat ini masa transisi. Karena bencana (alam), ada pengurangan anggaran dan program kerja. Belum lagi (pengurangan anggaran) untuk (mendukung) Pekan Olahraga Nasional (PON 2020),” kata Giri, Selasa (12/11/2019).

Penyerapan anggaran saat ini baru mencapai separuh atau sekitar 59% dari total Rp1,4 triliun APBD Kabupaten Jayapura 2019. Banyaknya hasil pekerjaan fisik belum dilaporkan kepada OPD pelaksana program.

“Para pekerja (rekanan) belum (semua) melaporkan pekerjaan mereka. Diharapkan, ada peningkatan penyerapan anggaran di setiap instansi teknis pada bulan depan,”  jelas Giri.

Loading...
;

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura Yohanes Hikoyabi meminta pemerintah daerah terbuka dalam melaporkan setiap program kerja selama setahun ini. Dia berharap rendahnya tingkat penyerapan anggaran tidak terjadi lagi di masa mendatang. “Sehingga silpa (sisa lebih penggunaan anggaran) yang dikembalikan ke kas negara tidak besar.”

Hikoyabi melanjutkan masyarakat berhak mengetahui proses maupun pelaksanaan setiap proyek pembangunan yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. “Untuk (pembangunan) infrastruktur, apa saja yang telah dibuat. (Kemudian), pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, sosial, dan lain-lain”.  (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top