Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jembatan Youtefa jadi tonggak sejarah di tanah Papua

Presiden Jokowi berbincang dengan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di atas Jembatan Youtefa, Kota Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019). – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Presiden Joko Widodo menyebut kehadiran Jembatan Youtefa di Kota Jayapura, Papua, merupakan tonggak sejarah di tanah Papua. Selain menjadi simbol penting yang menyatukan sebagai saudara sebangsa dan setanah air, keberadaan Jembatan Youtefa juga disebut Presiden Jokowi dapat menjadi momentum kebangkitan Papua.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan Jembatan Youtefa pada Senin (28/10/2019). Menurut Jokowi, jembatan yang menghubungkan pusat kota dengan Distrik Muara Tami di Kota Jayapura itu akan merangsang pengembangan kota ke arah Muara Tami dan memajukan kawasan perbatasan negara Indonesia – Papua Nugini di Skouw.

“[Jembatan] itu hadir untuk mengatasi solusi permasalahan kepadatan penduduk di Kota Jayapura. Dengan harapan ke depan kawasan kota dapat dikembangkan ke arah Skouw, karena mampu mempersingkat waktu tempuh 70 menit dari kota menuju Distrik Muara Tami dan pos lintas batas negara,” katanya.

Jokowi menekankan tugas untuk menjaga dan membangun Papua merupakan tugas bersama semua pihak. Menurutnya, itulah kenapa Jokowi memilih Bumi Cenderawasih sebagai pilihan pertama untuk dikunjungi pada periode kedua pemerintahannya.

Loading...
;

“Semua itu saya lakukan untuk memastikan sendiri, tanah Papua dibangun dan tidak dilupakan dalam kemajuan Indonesia. Tanah Papua harus maju seperti daerah-daerah lain di Indonesia, karena Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi. Itu adalah hal yang setiap kali saya lihat ketika berkunjung ke Papua. Kalau tidak salah hitung, saya sudah 13 kali ke sini,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, Jembatan yang membentang di atas Teluk Youtefa itu dibangun selama empat tahun, dan menghabiskan anggaran sebesar Rp1.8 triliun. Jokowi menjelaskan jembatan itu terdiri tiga bagian, yaitu jalann akses panjang sejuah 9.950 meter, jalan pendekat sepanjang 320 meter, serta jembatan pendekat sisi Holtekamp sepanjang 900 meter dan bentang utama jembatan sepanjang 433 meter.

Jokowi berpesan kepada masyarakat Jayapura dan pemerintah daerah bersungguh-sungguh menjaga jembatan Youtefa, baik soal kebersihan, keamanan, kenyamanannya. Jembatan itu dapat dipercantik dengan lampu dan taman yang baik.

Jembatan youtefa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Papua, dan harus menjadi momentum kebangkitan Papua. “Jadikan jembatan youtefa ini momentum untuk Papua bangkit maju. [Ini adalah momentum yang] melahirkan kemajuan dan pemuda-pemudi Papua yang berprestasi, serta memiliki daya saing di kancah global,” ujarnya.

Sekedar untuk diketahui, nama Youtefa diambil berdasarkan perrmintaan masyarakat adat setempat karena jembatan tersebut berdiri atau membentang di atas Teluk Youtefa. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top