Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jepang lanjutkan repatriasi kerangka tentaranya di Papua

Salah satu gua di Biak yang digunakan serdadu Jepang pada Perang Dunia II sebagai benteng termapt berlindung dari serangan tentara Sekutu – Jubi/liapicauly.wordpress.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pemerintah Jepang melanjutkan lagi upaya repatriasi atau mengirim kembali kerangka tentara-tentaranya yang berjibaku melawan Amerika Serikat pada Perang Dunia II yang berlangsung di Papua.

Upaya melanjutkan repatriasi itu dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani kedua pihak, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Kerja sama terkait upaya repatriasi itu meliputi proses pencarian, pengumpulan kerangka, dan identifikasi kerangka, termasuk pembakaran yang menghasilkan abu untuk dibawa ke Jepang.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, menjelaskan upaya repatriasi kerangka itu sebenarnya dulu pernah dilakukan, tetapi terhenti selama kurang lebih empat tahun.

Loading...
;

Sekarang ini, kata dia, upaya repatriasi bisa kembali dilakukan sehingga kerangka-kerangka serdadu Jepang yang meninggal di Papua bisa segera ditemukan dan dikirim ke negaranya.

Menurut dia, pengumpulan tulang belulang tentara Jepang yang meninggal pada Perang Dunia II itu sangat penting bagi kajian budaya negara tersebut.

Sebisa mungkin, kata dia, kerangka-kerangka tentara itu bisa dikembalikan kepada keluarga mereka masing-masing meski proses identifikasi kemungkinan sulit dilakukan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, mengatakan kerja sama repatriasi itu merupakan kelanjutan kerja sama sebelumnya yang sudah direvisi.

“Ini adalah penandatanganan kesepakatan kerjasama antara pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kemendikbud dan Kedubes Jepang, mengenai usaha ekskavasi, sisa-sisa, jasad dari para serdadu Jepang yang meninggal waktu Perang Dunia II, khususnya di daerah Papua,” katanya.

Beberapa perjanjian kedua negara terkait repatriasi, yakni Memorandum Persetujuan antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah RI tentang Pembangunan Monumen Perang Dunia II (7 April 1993).

Kemudian, Memorandum Kerja Sama antara Pemerintah RI dan Pemerintah Jepang tentang Pemberian Akses dan Pelaksanaan Pengumpulan dan Repatriasi Kerangka Tentara Jepang pada Perang Dunia II di Provinsi Papua (20 November 2013). (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top