HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

JFT akankah kembali ke Persipura?

Jacksen Tiago saat memimpin tim Persipura menjalani latihan di lapangan Pertamina, Jakarta pada medio Maret 2014 – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Nama Jacksen F. Tiago (JFS) sudah mulai santer dibicarakan oleh masyarakat pendukung setia Persipura Jayapura setelah manajemen memutus hubungan kerja dengan Luciano Leandro sebagai pelatih kepala bagi tim Mutiara Hitam julukun Persipura Jayapura dalam mengarungi kompetisi Liga 1, 2019.

Malah dalam laman media sosial sudah mulai marak disebarkan “Welcome Jacksen Tiago”, ada pula “JFT, selamat kembali ke rumah”. Desas-desus kembalinya JFT tersebut hingga kini belum diungkap pihak manajemen.

Mantan pelatih Barito Putra tersebut pun dalam beberapa kesempatan kepada media massa mengatakan, dirinya masih belum memikirkan ke mana tujuannya setelah lepas dari tim Barito Putra selama kurang lebih 2,5 tahun, dan dirinya sedang disibukkan dengan hadirnya anak kedua yang baru berusia delapan bulan.

Apakah benar, JFT kembali ke pelukan sang mantan? Bagi Persipura, mungkin sangat tepat untuk memulangkan sang pelatih yang membawa Persipura menjadi tim yang ditakuti setiap lawan dalam medio 2008-2014. Dan JFT juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Papua karena, pelatih berusia 51 tahun tersebut sangat ramah ketika berpapasan dengan masyarakat di setiap aktivitasnya bersama tim.

Loading...
;

Selama menjadi pelatih kepala di Persipura, JFT telah berhasil mempersembahkan lima gelar. Tiga gelar Liga Super Indonesia dan dua gelar turnamen pra musim. Papi Negro sapaan akrabnya juga dikenal dengan ketegasannya di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Hal tersebut membuat para pemain Persipura selalu taat dengan segala aturan yang diterapkannya.

Kini, Persipura sedang terpuruk yaitu berada di posisi 17 klasemen sementara, dengan baru mengumpulkan tiga poin dari enam kali laga yang sudah dijalani. Demi mengembalikan kesuksesan Persipura manajemen dianggap wajib kembali menghadirkan Jacksen F. Tiago di kursi pelatih.

Jika hal itu terealisasi, tentu Jacksen akan kembali bereuni dengan Persipura. Namun, tugas berat sudah didepan mata yaitu menghadapi Perseru Badang Lampung FC , Rabu (10/7/2019). Target menang pun harus diusung, karena dengan kemenangan maka langkah akan semakin mulus dan masyarakat Papua bisa kembali percaya dengan kekuatan Persipura sesungguhnya.

Mantan asisten pelatih Persipura Jayapura, Mettu Dwaramuri kepada Jubi beberapa waktu lalu melalui sambungan telepon selularnya mengatakan bahwa Jacksen Tiago dan Rahmad Darmawan merupakan dua sosok pelatih yang sangat paham dengan karakter bermain anak-anak Papua.

“Kita bisa lihat sendiri, ketika Persipura bentrok dengan tim yang ditangani oleh Jacksen Tiago ataupun Rahmad Darmawan, Persipura selalu kewalahan, walau menang tetapi menang tipis. Saya berharap, siapapun pelatih Persipura, pelatih tersebut bisa memahami karakter dari anak-anak Persipura,” kata Mettu.

Dikatakan, pada zamannya Luciano Leandro, para asisten pelatih bisa memberikan masukan kepada sang pelatih soal karakter bermain dari anak-anak Papua. Misalnya coach Alan Haviluddin. Coach Alan cukup lama bersama Persipura, dan sudah paham betul gaya permainan anak-anak Papua.

“Mungkin ini yang tidak dilakukan sehingga Persipura bisa terpuruk hingga kini,” ujarnya.

Redaktur senior olahraga Koran Jubi dan jubi.co.id, Dominggus Mampioper mengatakan, Persipura membutuhkan sosok pelatih seperti Jacksen Tiago yang terkenal tegas dalam bertindak, baik saat menjalani latihan maupun memimpin anak asuhnya di setiap pertandingan.

“Saya rasa, sosok Jacksen Tiago sangat tepat untuk kembali menukangi Boaz Solossa dan kawan-kawan. Apalagi saat ini statusnya free atau tanpa klub. Sebelum dibawa oleh klub lain, Persipura harus cepat mendapatkan tanda tangan dari sang pelatih,” kata kakak Ming sapaan akrabnya.

Kakak Ming yang juga mantan wartawan goal.com tersebut menilai, permainan Persipura saat ini sudah diketahui oleh seluruh klub peserta kompetisi Liga 1, untuk itu, Persipura butuh formula baru untuk dapat bersaing dengan klub-klub yang saat ini sudah mempunyai modal cukup untuk melakukan pembelanjaan pemain berbakat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top