Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

JFT: Pemain dapat kartu tak masalah

Gunansar Mandowen saat menjalani latihan di kolam renang – Jubi/Media Officer Persipura.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jacksen F Tiago membantah jika anak asuhnya diperintahkan untuk bermain kasar pada sejumlah laga di Liga 1 2019. Jika dilihat dari statistik bermain, sejumlah pemain Persipura tak sedikit yang harus merelakan dirinya diganjar kartu kuning bahkan kartu merah dari wasit yang memimpin jalannya laga di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

“Saya memang intruksikan pemain untuk fight (bertarung), tetapi bukan berarti harus bermain kasar. Mereka harus bisa merebut bola dari kaki lawan,” kata pelatih Persipura Jacksen Tiago kepada Jubi, Senin (7/10/2019) di Jayapura.

Menurut JFT sapaan akrabnya, apa yang dilakukan anak asuhnya hingga mendapatkan kartu baginya tidak menjadi soal. Karena setiap pertandingan akan ada pelanggaran yang dilakukan baik itu disengaja maupun tidak.

“Saya contohkan kartu merah yang didapatkan Andre Ribero saat melawan PS Tira. Usai pertandingan dia katakan menyesal karena mendapatkan kartu, tetapi saya bilang, kartu tersebut menguntungkan tim. Karena kalau Andre tidak melakukan pelanggaran tersebut, bisa jadi hasilnya tidak seperti kemarin. Karena saat itu skor baru 1-0 untuk keunggulan kami,” ujarnya.

Loading...
;

Dalam laga tersebut Persipura berhasil meraih kemenangan telak yaitu menang 3-0. Tiga gol tersebut dicetak oleh Todd Ferre dua gol dan Boaz Solossa pada menit-menit akhir laga babak kedua.

“Tapi saya selalu ingatkan kepada pemain untuk tidak terpancing emosi atau provokafor dari tim lain. Karena kalau sudah begitu, permainan kita akan kacau, dan pastinya pemain akan kehilangan kosentrasi,” katanya.

Kata JFT, sudah menjadi tugasnya sebagai pelatih untuk mencari pemain pengganti bagi pemain yang mendapatkan kartu tersebut.

“Saya dikontrak selain membawa tim meraih ekpetasi yang diinginkan oleh manajemen, juga mempunyai tugas untuk menciptakan tim tetap solid walau harus kehilangan beberapa pemain dalam satu laga, dan itu harus cepat karena jadwal liga sangat mepet. Makannya kami harus memiliki game analisis untuk setiap pertandingan,” ujarnya.

Sebelumnya mantan pemain Persipura dan juga pengamat sepak bola Papua, Nico Dimo mengatakan, seorang pemain sepak bola yang mendapatkan kartu, baik itu kartu kuning maupun kartu merah adalah hal yang lumrah.

“Setiap tim dan juga pemainnya menginginkan sebuah kemenangan, dan itu pastinya akan terjadi benturan antara satu pemain dengan pemain lainnya. Tapi kita harus yakin bahwa coach Jacksen bisa mengatasi segala persoalan yang adalah dalam tim,” katanya.

Kata Dimo, JFT telah membuktikan hal tersebut dengan membawa Persipura keluar dari zona degradasi sejak awal dirinya menggantikan posisi dari Luciano Leandro sebagai pelatih kepala Persipura.

“Saat ini Persipura sudah berada di posisi lima klasemen, dan nantinya pasti akan naik lagi ke papan atas, karena Persipura masih mempunyai dua laga tunda yang menjadi modal yaitu melawan Bali United dan PSM Makassar. Semoga dua laga tersebut, Persipura bisa mengamankan enam poin,” ujarnya. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top