Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jhon Wob: Pemekaran PPS hanya adu domba OAP

Anggota MRP, Jhon Wob – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP), Jhon Wob, menegaskan pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS), hanya untuk mengadu-domba orang asli Papua (OAP). Lalu itu adalah permainan yang dilakoni pemerintah pusat.

“Kita dari MRP sudah dua kali membuat surat penolakan berkaitan dengan pemekaran suatu wilayah. Kalaupun ada pemekaran, harus melalui mekanisme di lembaga MRP terlebih dahulu,” kata Jhon kepada sejumlah wartawan, Jumat (8/11/2019).

Dikatakan, sebagai perwakilan MRP dari Papua Selatan, dirinya tak menghendaki adanya pembentukan PPS, meskipun telah ada lampu hijau dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

“Sebenarnya pemekaran PPS untuk siapa? Jumlah orang asli Papua dari waktu ke waktu berkurang. Kalau dipaksakan PPS jadi, sudah pasti terjadi eksodus pendatang secara besar-besaran dari berbagai daerah,” ujarnya.

Loading...
;

Bagi Jhon, pemekaran yang dilakukan, hanya untuk mengadu domba OAP dan memecah belah persatuan.

“Kami tetap berteriak agar pemekaran PPS dibatalkan. Karena tak mendatangkan manfaat bagi orang asli,” tegasnya.

Lebih baik, pintanya, beberapa kabupaten di Selatan Papua seperti Mappi maupun Asmat, digabungkan kembali. Karena OAP sendiri belum siap dan masih bergantung kepada alam.

Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Benjamin Latumahina, sebelumya menjelaskan telah ada kesepakatan bersama pemerintah serta sejumlah pemangku kepentingan untuk dibentuk panitia khusus (pansus).

Pansus itu untuk melakukan koordinasi serta komunikasi bersama tim kerja sekaligus menyelesaikan berbagai administrasi yang masih kurang, termasuk anggaran yang dibutuhkan. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top