Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jika tak punya KTP-el, pemilih bisa gunakan hak pilih dengan surat keterangan Dispendukcapil

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Biak Numfor,Papua membolehkan warga Biak menggunakan surat keterangan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan Catatan Sipil untuk menggunakan hak pilih pemilu serentak 17 April 2019. Akan tetapi, pemilih tambahan yang menggunakan surat keterangan atau KTP-el baru bisa menggunakan hak pilihnya pada pada jam 12.00-13.00 waktu setempat.

Hal itu dinyatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum Biak Mathias Yan Morin di Biak, Minggu (14/4/2019). “Selain menggunakan KTP-el, pemilih dalam Daftar Pemilih Khusus dapat juga mencoblos menggunakan surat keterangan dari Dinas Kependudukan Catatan,” kata Morin di Biak.

Morin menjelaskan penggunaan surat keterangan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil) itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi, demi menjamin hak konstitusional warga negara untuk menggunakan hak pilih. Namun ia mengingatkan, layanan pemilih tambahan dengan surat keterangan Dispendukcapil atau KTP-el baru akan dilayani petugas Kelompok Pemungutan Suara (KPPS) pada jam 12.00-13.00 pada 17 April nanti.

Loading...
;

“Setiap petugas KPPS di setiap kampung dan kelurahan sudah diberikan bimbingan teknis untuk dapat memberikan jaminan layanan khusus pemilih menggunakan suket atau KTP-el,”ujarnya.

Hingga H-3 Pemilu KPU Biak Numfor secara bertahap telah mendistribusi logistik pemilu serentak untuk daerah kepulauan distrik Padaido dan distrik Aimando. Distribusi logistik pemilu untuk distrik daratan dikirimkan hingga H-1 sebelum pemungutan suara 17 April 2019.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top