HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

John Gluba Gebze: Kami diintegrasikan bukan dalam keadaan ‘monyet’

Tokoh Papua Selatan, John Gluba Gebze – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi Reporter : Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Tokoh Papua Selatan, Johanes Gluba Gebze, angkat bicara setelah adanya hinaan rasis terhadap mahasiswa Papua yang sedang mengenyam pendidikan di Surabaya, Malang, dan Semarang.

“Kekayaan besar dari Tuhan Allah untuk Bangsa Indonesia yang disumbangkan orang hitam dan keriting selama ini, tetapi akhirnya dibilang monyet,” tegas John Gluba, saat pertemuan dengan wakil Bupati Merauke, Sularso, dan Muspida Merauke, Selasa (20/8/2019).

“Ingat bahwa kami diintegrasikan bukan dalam keadaan monyet. Tetapi sebagai manusia bermartabat yang disumbangkan untuk memperkaya kemajemukan Indonesia,” tegasnya.

Dikatakan, ini adalah rahmat, apapun hitamnya, karena telah menjadi komitmen dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Loading...
;

“Kami adalah bagian dari warga negara Indonesia,” katanya.

John Gluba mengingatkan semua orang bahwa Merauke sudah dinusantarakan. Buktinya adalah saudara non Papua jumlahnya lebih banyak dari orang Papua asli.

“Saya kembali mengingatkan Bhinneka Tunggal Ika harus dijabarkan secara konkret,” tegasnya.

Wakil Bupati Merauke, Sularso, mengatakan pemikiran tentang rasisme agar tidak boleh lagi. Kalau ada  oknum tertentu menggunakan bahasa rasis yang tujuannya memecah persatuan dan pergaulan serta solidaritas, perlu dilihat secara baik.

“Ini menjadi suatu pembelajaran ke depan bagi kita semua untuk tidak bicara lagi tentang rasis maupun radikal,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top