Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Jumlah pemilih dalam pemilu Kepulauan Marshall memuaskan

Petugas pemilu, Lisa Lajkam, memeriksa kembali pemilih di Uliga, Majuro, pada 18 November 2019. – RNZI/ Hilary Hosia/Marshall Islands Journal

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Majuro, Jubi – Tempat-tempat pemungutan suara untuk pemilu nasional Kepulauan Marshall telah ditutup, pada Senin malam kemarin (18/11/019), dengan penghitungan surat suara dimulai malam itu juga.

Pemilih datang membanjiri TPS-TPS untuk berpartisipasi dalam pemilu di ibu kota, Majuro. Jumlah pemilih juga dilaporkan besar di beberapa atol terluar.

Koresponden Radio New Zealand di Kepulauan Marshall, Giff Johnson, berkata bahwa di kawasan ibu kota, pemilih telah menunjukkan kesabaran dan kegigihan mereka dengan mengantre selama beberapa jam untuk memilih.

“Di sebagian besar lokasi TPS dilaporkan tampaknya partisipasi pemilih yang sangat tinggi,” kata Giff Johnson.

Loading...
;

Penghitungan surat suara telah dilakukan mulai Senin malam di gedung konferensi di Majuro, dan diperkirakan akan memakan waktu sampai minggu ini.

Hingga Selasa pagi (19/11/2019), dengan lebih dari setengah surat suara dari Majuro telah dihitung, hasil awal menunjukkan tiga dari lima MP di atol utama di Kepulauan Marshall kemungkinan akan kehilangan kursi mereka, dan dua atau tiga di antaranya adalah pendukung Hilda Heine. Giff Johnson berkata jika data itu tidak berubah, akan sulit bagi Heine jika ia memutuskan untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden untuk periode kedua.

Pacific Beat melaporkan bahwa pemilu ini dianggap sebagai pemilihan yang berisiko tinggi, karena terjadi menjelang negosiasi keuangan penting dengan Amerika Serikat dan di tengah-tengah persaingan antara AS dengan Tiongkok di wilayah tersebut.

Heine adalah Presiden perempuan pertama dalam sejarah Kepulauan Marshall. Ia berhasil mengalahkan satu mosi tidak percaya yang diajukan tahun lalu, dan telah berulang kali berpidato di panggung global mendesak tindak tegas atas perubahan iklim. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top