HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kabinet PM Marape diresmikan

Perdana Menteri Papua Nugini yang baru, James Marape. – Post Courier

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Perdana Menteri (PM) Papua Nugini yang baru, James Marape, telah melakukan reshuffle kabinet yang, menurutnya, akan mendorong reformasi yang sangat diperlukan bangsa itu.

Kabinet yang baru itu, diumumkan oleh PM Marape Jumat sore pekan lalu (7/6/2019) di Port Moresby, mencakup dua anggota parlemen (MP) oposisi terkemuka yang vokal dalam beberapa tahun terakhir.

MP dari Madang, Bryan Kramer, dari kubu oposisi yang populer di sosial media Facebook dan selalu blak-blakan, telah ditunjuk sebagai Menteri Kepolisian

MP dari Sinasina-Yongamugl, Kerenga Kua, juga kritikus keras pemerintahan sebelumnya yang dipimpin Peter O’Neill, telah ditunjuk sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Loading...
;

Melalui kesempatan tersebut, dua MP yang sudah lama mendorong adanya reformasi atas sektor-sektor utama itu sekarang memiliki kesempatan, untuk mengimplementasikan perubahan di bidang itu.

Pengumuman PM Marape tentang pengangkatan MP Kramer disambut dengan sorakan seluruh parlemen di Government House.

“Jadi, kita akan meminta dia, sesegera mungkin, untuk mengembalikan kredibilitas seluruh Kepolisian. Persoalan ini bukan hanya tentang seorang komisaris atau beberapa bagian dari kepolisian. Seluruh struktur kepolisian saat ini tidak berjalan dengan selayaknya.”

PM Marape, yang telah menegaskan bahwa pemerintahnya akan meninjau kembali UU yang mengatur sektor sumber daya negara itu, mengungkapkan bahwa ia akan bekerja dengan Kua di sektor migas untuk memastikan negara mendapatkan royalti dan keuntungan yang sesuai.

“Tentu saja, dia adalah bagian dari kubu oposisi. Dan dia tidak memilih saya [sebagai perdana menteri],” Marape menjelaskan.

“Namun ini bukan tentang saya, ini tentang melakukan hal yang benar bagi negara, memberdayakan orang-orang terbaik yang ada di sekitar kita.”

Sementara itu, MP Esa’ala Davis Steven telah ditunjuk sebagai Wakil Perdana Menteri PNG. Mantan wakil PM O’Neill, Charles Abel, diangkat sebagai Menteri Keuangan. Peter O’Neill menolak memegang portofolio kementerian. (RNZI/Johnny Blades)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)