Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kabupaten Jayapura masih krisis guru

Siswa sekolah dasar di Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua NO.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura masih mengalami kekurangan guru di sekolah dasar. Penambahan guru belum sebanding dengan peningkatan jumlah siswa setiap tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura mendata jumlah guru di sekolah dasar negeri maupun swasta sebanyak 831 orang pada tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 106 daripada empat tahun sebelumnya, yang hanya 725 orang.

Namun, pada periode yang sama, jumlah siswa sekolah dasar juga melonjak, yakni dari 19.243 menjadi 19.418 orang, atau bertambah sebanyak 175 orang. Penambahan juga terjadi pada ruangan belajar atau kelas, yakni sebanyak 35 lokal; dari 817 menjadi 852 lokal.

Bupati Mathius Awoitauw menyatakan mereka terus berupaya merekrut tenaga kontrak untuk mengatasi kekurangan guru di Kabupaten Jayapura. Guru-guru kontrak tersebut ditugaskan di daerah terpencil.

Loading...
;

Perekrutan guru kontrak diprogramkan sejak empat tahun lalu. Pada tahun pertama, ada 300 guru kontrak yang direkrut. Kemudian, sebanyak masing-masing-masing 200 serta 150 orang pada tahun kedua dan ketiga.

“Durasi kerja (masa kerja guru kontrak) selama setahun. Kalau kinerja (mereka) baik, dilanjutkan kontraknya,” kata Bupati Awoitauw, Minggu (3/11/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura Ted Mokay memastikan institusinya serius dalam mengatasi kekurangan guru, terutama pada sekolah dasar di pinggiran kota. Salah satunya dengan mengutamakan perekrutan guru dalam formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) setiap tahun.

“Tahun ini, sudah ada perekrutan CPNS yang fokus (mengutamakan penerimaan) tenaga guru, dan kesehatan. (Perekrutan CPNS) dilaksanakan lagi dalam waktu dekat, dengan fokus yang sama (mengutamakan penerimaan guru, dan tenaga kesehatan),” kata Mokay. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top