Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kabupaten Jayapura terapkan satu data tahun depan

Bupati Mathius Awoitauw saat melantik para kepala distrik di Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menerapkan kebijakan satu data dalam administrasi kependudukan mulai tahun depan. Rencana itu sejalan dengan keinginan mereka untuk menjadikan pemerintahan distrik sebagai pusat layanan data, informasi, dan pelatihan di Kabupaten Jayapura.

“Badan Pusat Statistik bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Dinas Komunikasi dan Informasi sedang menyiapkan data, pemetaan, serta aplikasinya. Itu untuk mengawasi keluar-masuk penduduk di daerah ini,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Kamis (12/12/2019).

Kebijakan satu data dijalankan secara daring (online). Karena itu, perlu penguatan kapasitas sumber daya manusia di pemerintahan distrik maupun pemerintahan kampung.

“Pemerintah distrik, dan pemerintah kampung harus benar-benar memastikan setiap orang datang dan tinggal di daerah ini (data kependudukan masing-masing).  Datang dengan tujuan apa, tinggal di mana, berapa lama (menetap) di sini, dan apa pekerjaannya. Semuanya harus jelas,” tegas Awoitauw.

Dia menambahkan kebijakan satu data dalam administrasi kependudukan dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk, seperti penyusupan teroris. “Kota Sentani mulai padat sehingga sudah susah mendeteksi (memantau) setiap aktivitas masyarakat.”

Ketua Forum Kota (Forkot) Sentani Deniks Felle menyatakan hanya pengurus RT/RW yang dapat memastikan keberadaan dan aktivitas warga selama ini. Namun, perhatian Pemkab Jayapura tidak sebanding dengan kinerja mereka.

Loading...
;

“Terima upah (honor) setiap tiga bulan sekali. Itu pun dipotong. Bagimana mau bekerja optimal, sedangkan hak dengan kewajiban mereka tidak sejalan,” kata Felle. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top